Pemprov Kaltim Beri Kesempatan Studi ke Rusia dan Belarusia

Melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang

SAMARINDA – Pemprov Kaltim memberi kesempatan pelajar dan mahasiswa Kaltim untuk menempuh pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sebagai wujud program peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Kaltim.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, kesempatan tersebut ditujukan untuk putra-putri Kaltim, khususnya yang berminat ke jenjang S1, S2 dan S3 di Rusia dan Belarusia pada bidang studi yang sangat menarik, berkenaan dengan teknik, sains dan perkeretaapian yang akan segera dibangun di Kaltim.

Bidang-bidang teknologi dengan prioritas program seperti Heat Power Engineering, Product Design and Production of Engineering, Surface Transport and Technological Complexes, Mecatronics and Robotics, Electric Power Engineering and Electical Engineering, Technical Control System, Construction Engineering, Informatics and Computing of Engineeering, Chemical Engineering and Sciences serta jurusan lainnya di bidang sains dan teknologi.

Dijelaskan, calon peserta S1 dibuka untuk umum lulusan SMA/SMK/MA Kaltim tahun 2013 dan siswa/siswi SMA/MA/SMK Kelas XII. Calon Peserta S2 dibuka untuk dosen Perguruan Tinggi Swasta melalui APTISI, sedang calon peserta S3 dibuka untuk dosen Universitas Mulawarman.

Pendaftaran dimulai tanggal 3 sampai dengan 7 Maret 2014, di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, atau dapat secara kolektif oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang S1, APTISI untuk jenjang S2 dan Universitas Mulawarman untuk jenjang S3.

Sementara itu, seleksi calon dilaksanakan tanggal 8 Maret 2014 bertempat di Universitas Mulawarman Samarinda, Pengumuman hasil seleksi tanggal 10 Maret 2014. Calon yang dinyatakan lulus seleksi di Kaltim akan diseleksi kembali oleh Russian Ministry of Education dan Belarusia untuk memperoleh sharing beasiswa kerjasama Beasiswa Kaltim Cemerlang dan Russian Goverment Scholarships.

Sedangkan penentuan akhir akan diumumkan pada Bulan Mei 2014, untuk selanjutnya mengikuti Kursus Bahasa Rusia (3 bulan di Samarinda, 9 bulan di Moscow).

”Saya berharap putra-putri Kaltim yang berminat agar dapat memanfaatkan kesemoatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Gubernur. (hmsp/hmsprov)

///FOTO : Awang Faroek Ishak

 

Berita Terkait