Pemprov Kaltim Beri Perhatian Khusus UKM

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberi perhatian khusus pada pengembangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta lahirnya para pengusaha dan calon pengusaha baru.   Perhatian Pemprov Kaltim tersebut dituangkan dengan  Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dengan memberikan berbagai kemudahan.  
Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kaltim, H Muhammad Djailani, dalam acara Pesta UKM Komunitas Tangan Diatas yang berlangsung di Aula Bank Indonesia Cabang Kaltim, Sabtu (21/12). Fasilitas yang diberikan kepada para pengusaha dan calon pengusaha UKM adalah berupa pendidikan dan pelatihan, fasilitasi perijinan, kelembagaan, pendampingan pengeloaan usaha, serta  penguatan permodalan.  
Selain itu juga diberikan fasiltasi pemasaran dan fasilitasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Diakui Djailani, masalah permodalan memang telah menjadi momok yang utama bagi para pengusaha  maupun calon pengusaha. Padahal, menurutnya Pemprov Kaltim dan perbankan daerah siap membantu mengatasi permodalan tersebut.
Dicontohkannya, Pemrov Kaltim sedang merancang Lembaga Penjamin Kredit bagi pengusaha, khususnya pengusaha kecil agar mendapat pinjaman bank tanpa harus menyiapkan agunan. Begitupun dengan perbankan daerah, selalu siap mengucurkan permodalan apalagi usaha yang dirintis  memiliki peluang untuk dikembangkan dan berprospek menguntungkan.
Dijelaskannya pula, bahwa Bank Indonesia selaku regulator bank-bank umum di Indonesia sangat concern (peduli)  terhadap pengembangan UMKM. Melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14/22/PBI/2012 tanggal 21 Desember 2012 dan Surat Ederan Bank Indonesia (SE BI) No.15/35/DPAU tanggal 29 Agustus 2013, melalui dua kebijakan tersebut bank-bank umum diwajibkan secara bertahap di mulai dari tahun 2013 ini hingga tahun 2018 untuk mengalokasikan minimal 20% pembiayaan pada segmen UMKM dari total kredit atau pembiayaannya.  
Sementara itu, salah satu pembicara yaitu HM Rusli yang merupakan pendiri dan pemilik Mesra Group memberikan kiat agar dapat menjadi pengusaha sukses, diantaranya yaitu sabar, tetap fokus pada satu usaha serta dapat memberikan kepercayaan pada bank dengan tepat waktu membayar pinjaman.  
“Selain itu tentu harus iringi dengan doa dan rasa syukur. Jika mendapat pinjaman kredit dari bank, jangan lupa untuk dapat membayar tepat waktu. Saya bahkan pernah menjadi pembayar pinjaman terbaik tingkat nasional, karena selalau tepat waktu,” ujarnya. (yul/hmsprov)  

//Foto: SIAP BANTU. Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM Kaltim, H Muhammad Djailani menerimakan piagam ucapan terima kasih dari Presiden Komunitas Tangan Diatas, Fauzi Rachmanto untuk Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. (yuliawan/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation