Pemprov Kaltim Beri Perhatian Penuh Pada Nelayan

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur Kaltim H Farid  Wadjdy mengatakan,Pemprov Kaltim terus memberikan perhatian kepada nelayan, dengan bantuan berupa kapal penangkap ikan dengan harapan mampu meningkatkan produksi perikanan laut  di kabupaten dan kota potensial.

“Bantuan kapal  pada 2012 adalah delapan unit dan 2013 akan ada sembilan unit  dengan kapasitas 30 Gross Tonase (GT) perunit senilai Rp1,5 milliar, bantuan ini diberikan tidak lain bertujuan meningkatkan produksi penangkapan ikan nelayan kita," kata Wagub Farid Wadjdy didampinggi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim, Iwan Mulyana usai membuka Rakernis Perikanan dan Kelautan, di Balikpapan,  Selasa (5/3).

Wagub  berharap, pemanfaatan kapal tersebut dapat dilakukan secara optimal agar tangkapan ikan para nelayan bisa terus meningkat untuk  memenuhi permintaan pasar,  baik lokal maupun ekspor.

Penyaluran bantuan dilakukan selektif yakni diberikan kepada para nelayan yang membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB). Wagub juga berharap agar para bupati dan walikota  juga melakukan hal yang sama untuk meningkatkan produksi perikanan.

 Sesuai dengan Program Masterplan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) memberi kesempatan kepada bupati dan walikota yang memiliki  potensi perikanan  dapat melakukan erjasama dengan swasta.

“Selain meningkatkan produksi tangkapan ikan laut pihaknya juga mengupayakan peningkatan produksi perikanan darat khususnya sungai dan lahan-lahan bekas tambang untuk budidaya ikan dalam karamba,” ujarnya.

“Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada beberapa SKPD dan lembaga-lembaga pemerintah di Kaltim dapat memberikan dukungan pembangunan prasarana, terutama pembangunan saluran irigasi, juga menjamin tersedianya bahan bakar minyak dengan harga yang terjangkau. Pihak perbankan  mendukung tersedianya modal untuk nelayan,” demikian Farid  Wadjdy. (sar/hmsprov).

Foto : Nelayan sedang melakukan aktifitas di laut.(ist)

Berita Terkait