Pemprov Kaltim Bertekad Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

 

SAMARINDA- Pemprov Kaltim dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat khususnya bagi mereka yang menyandang disabilitas juga tetap menjadi perhatian pemerintah, sehingga kesejahteraan rakyat di Kaltim baik yang normal maupun penyandang disabilitas memiliki hak yang sama.

Karena itu, Pemprov Kaltim terus bertekad memperjuangkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Kaltim. Bahkan disabilitas juga diperingati harinya, yakni tepat pada 3 Desember 2016 yaitu Hari Disabilitas Internasional.

Pentingnya memperjuangkan hak penyandang disabilitas, karena penyandang tersebut adalah manusia yang sama dan memiliki yang sama pula dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, sosialisasi atau kampanye sosial ke seluruh lapisan masyarakat Kaltim demi terwujudnya implementasi UU Nomor 08/2016 tentang penyandang disabilitas.

“Jadi, Kaltim terus bertekad memperjuangkan hak penyandang disabilitas. Sehingga mereka memiliki hak yang sama dengan masyarakat umum lainnya di daerah ini,” kata Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus dikonfirmasi di Samarinda, Senin (12/12).

Bahkan, lanjut Siti Rusmalia Idrus, Pemprov Kaltim berkomitmen agar penyandang disabilitas wajib mendapat keisitimewaan dalam kehidupan bermasyarakat, baik di lingkungan pekerjaan hingga sosial.

Hal itu juga yang diharapkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak agar penyandang disabilitas mendapat tempat yang istimewa ketika mereka menjalani aktivitas. Bahkan untuk antri ketika mengurus berbagai keperluan di tempat layanan umum milik pemerintah, baik Samsat maupun SIM hingga pembuatan KTP diharapkan penyandang disabilitas mendapat tempat yang istimewa.

“Kondisi ini telah dialami Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ketika dia keluar negeri. Meski menggunakan kursi roda, ternyata beliau mendapat tempat yang istimewa dari masyarakat lainnya. Karena itu, semoga saja Pemprov Kaltim mampu melaksanakan ini,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)   

Berita Terkait
Government Public Relation