Pemprov Kaltim Bertekad Sukseskan SDM Cemerlang
SAMARINDA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, bertekad untuk menyukseskan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah. Terutama mewujudkan SDM yang Cerdas, Merata, Prestasi Gemilang (Cemerlang).
Untuk mewujudkan itu semua, maka Pemprov Kaltim berkomitmen dalam menyukseskan program pendidikan di daerah. Kemudian, dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hal itu juga memberikan prioritas yang sangat tinggi terhadap bidang pendidikan, selain pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi kerakyatan.
“Karena itu, Pemprov Kaltim bertekad untuk mewujudkan kualitas SDM yang cemerlang di daerah. Pendidikan yang kita laksanakan adalah untuk mewujudkan SDM yang berkualitas. Diharapkan SDM yang diciptakan memiliki akhlak dan moral yang mulia. Apalagi, pendidikan yang dibangun untuk menciptakan integritas yang sangat dibutuhkan,” kata Awang Faroek Ishak di Samarinda, baru-baru ini.
Menurut dia, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3/2010 telah mengamanatkan bahwa pendidikan di Kaltim adalah pendidikan yang merata menuju Kaltim Untuk Semua.
Pemerintah juga tidak pernah membeda-bedakan siapa yang akan menikmati pendidikan tersebut, mulai dari suku bangsa, agama dan ras serta pandangan politik seseorang.
“Dengan tidak membeda-bedakan itu, maka saya berharap semua masyarakat di Kaltim dapat menikmati pendidikan, mulai dari perkotaan, perdesaan, perbatasan hingga pesisir dan daerah terpencil serta tertinggal. Semua harus mendapatkan hak yang sama. Artinya, jika itu semua dapat terwujud, tentu Kaltim akan mampu menciptakan SDM yang cemerlang,” jelasnya.
Karena itu, sambung dia, siapa saja yang berada di Kaltim. Apalagi Kaltim terus bertambah jumlah penduduknya, meski bukan dari angka kelahiran, namun diharapkan untuk kebutuhan pendidikan semua harus mendapatkan. Gubernur berharap di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Artinya, saat ini program pendidikan yang dilakukan pemerintah di daerah harus merata, sehingga kesejahteraan rakyat juga meningkat.(jay/hmsprov)     
 
Berita Terkait