Pemprov Kaltim Dukung Pembangunan IMSTep

SAMARINDA- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim, Hj Halda Arsyad mengatakan, Pemprov Kaltim mendukung usulan rencana pembangunan Indonesian Marine Science and Technology Park (IMSTeP) di Kawasan Industri Buluminung, Penajam Paser Utara (PPU) oleh Kementerian Riset dan Teknologi.
Pembangunan IMSTep ini  diharapkan menjadi fasilitas terpadu  antara riset dan inovasi teknologi kelautan nasional yang berkualitas dunia. Sehingga perlu dukungan kebijakan dan payung hukum serta sinergi antarpemangku kepentingan kelautan, termasuk penguatan kerjasama nasional, regional dan internasional.
Usulan ini sesuai survei yang dilakukan Deputi Relevansi dan Produktivitas IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi Dr Teguh Rahardjo dan Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam Kementerian Riset dan Teknologi Dr Ridwan Djamaludin ketika berkunjung ke lokasi Kawasan Industri Buluminung, Penajam Paser Utara (PPU) yang didampingi Kepala Balitbangda Kaltim Hj Halda Arsyad, Jumat pekan lalu.
”Kajian IMSTeP ini sebenarnya telah dilakukan sejak 2012 oleh Kementrian Riset dan Teknologi dengan beberapa lembaga terkait untuk penentuan lokasi dari beberapa calon lokasi di Indonesia. Diantaranya Kepulauan Lombok Utara, Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan dan Kabupaten PPU Kaltim,” kata Halda Arsyad, saat dikonfirmasi di Samarinda, Senin (4/3).
Menurut dia, dari hasil kajian tersebut telah dilakukan verifikasi lahan dan akses data kepemilikan lahan dan penelusuran berupa pengukuran kedalaman laut di wilayah tersebut dan Kawasan Industri Buluminung PPU dinilai memenuhi syarat untuk pendirian IMSTeP.
Selanjutnya, pada tahun ini Kemenristek akan melakukan kajian lanjutan yaitu Masteplan IMSTeP, AMDAL IMSTeP dan Studi Kelayakan pembangunan IMSTeP,” jelasnya.(jay/hmsprov)
 

Berita Terkait