Pemprov Kaltim Dukung Prodi Dokter Gigi Unmul

Pemprov Kaltim Dukung Prodi Dokter Gigi Unmul

SAMARINDA -  Pemprov berkomitmen  mendukung  upaya peningkatan SDM bidang kesehatan di Kaltim, termasuk pengembangan Program Studi (prodi) Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman (Unmul) yang baru dibuka tahun lalu.

Hal itu dikatakan Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekdaprov Kaltim H Bere Ali saat menghadiri Civitasi Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unmul oleh Konsil Kedokteran Indonesia, di ruang pertemuan Fakultas Kedokteran Unmul, Senin(3/3).

Bere mengatakan, persoalan kesehatan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kaltim. Terkait hal itu, Pemprov Kaltim telah mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen dari APBD  sebagai komitmen mengatasi permasalahan bidang kesehatan.

“Saat pembentukan Fakultas Kedokteran Unmul dulu, hampir  seluruh biaya yang ditanggung APBD Kaltim,” ujarnya.

Pemprov Kaltim juga memberikan Beasiswa Kaltim Cemerlang secara keseluruhan  kepada  187 ribu siswa/mahasiswa  baik yang kuliah di dalam daerah maupun luar daerah, termasuk beasiswa mahasiswa Fakultas Kedokteran, mahasiswa S3 dan dokter spesialis.

“Untuk Unmul, tahun ini kita siapkan beasiswa bagi 100 orang yang kuliah di luar negeri,”  sebut mantan Kadis Sosial Kaltim itu.

Komitmen peningkatan SDM bidang kesehatan, menurut Bere, secara konseptual merupakan langkah mengantisipasi berakhirnya  sumber daya alam, yang saat ini masih menjadi penopang perekonomian Kaltim.

“Kita akui, perekonomian yang didominasi sektor sumber daya alam tidak akan bisa bertahan terus menerus, suatu waktu akan habis,” urainya.  

Guna memenuhi kebutuhan dokter gigi di Kaltim dan tingginya peminat, Unmul  akan membuka program studi (prodi) kedokteran gigi.  Pemprov Kaltim sangat mendukung pembukaan prodi baru tersebut. 

Pembantu Rektor Unmul Afif Ruchaemi, mengatakan pembukaan prodi kedokteran gigi ini sudah diusulkan ke Dikti, sejak 2010. Namun tertunda karena ada kebijakan moratorium. 

“Baru pada 2012 lalu prodi ini dibuka dan menerima  sebanyak 30 mahasiswa,” sebut Afif.

Dia mengatakan, pembukaan prodi kedokteran gigi yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin itu, didasari atas tingginya permintaan masyarakat dan belum adanya prodi tersebut di Kaltim.

“Terlebih Unmul juga telah membangun gedung  yang nantinya akan menjadi rumah sakit gigi dan mulut. Untuk praktek kita bekerjasama dengan RSUD AW Syahrani,” katanya. (gie/sul/es/hmsprov)

///FOTO :  Wisuda Sarjana kedokter lulusan Fakultas Kedokteran Unmul. Fakultas ini telah menambah program studi kedokteran gigi.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation