Pemprov Kaltim Hibahkan Kendaraan Bermotor ke FKPD

Pemprov Kaltim Hibahkan Kendaraan Bermotor ke FKPD

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menghibahkan kendaraan bermotor kepada sejumlah anggota forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan lembaga non pemerintah di Kaltim, antara lain kepada Korem 091/ASN, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, KONI Kaltim dan Badan Pengelola Masjid Islamic Center.

Bantuan Pemprov Kaltim antara lain, satu unit mobil camry untuk operasional Kejati Kaltim, satu unit mobil camry untuk operasional Danrem 091/ASN, satu unit mobil innova untuk operasional Ketua Umum KONI Kaltim, satu unit mobil avanza, tujuh unit kendaraan roda dua dan satu unit mobil dengan status pinjam pakai untuk Badan Pengelola Masjid Islamic Center.

“Sejak 2012 bantuan seperti ini sering kami lakukan, termasuk kepada anggota pimpinan daerah, baik Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Kejati dan Korem 091/ASN. Selanjutnya 2015 Pemprov Kaltim juga kembali akan memberikan bantuan hibah kendaraan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Awang Faroek Ishak usai penyerahan bantuan kendaraan kepada anggota FKPD dan non pemerintah di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (7/7).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari bentuk kerjasama antara Pemprov Kaltim dengan seluruh jajaran anggota FKPD dan lembaga non pemerintah untuk memudahan tugas sehari-hari.

“Alhamdulillah sejak lima tahun yang lalu, kemudian dilanjutkan untuk lima tahun ke depan. Mudah-mudahan kerjasama yang baik ini akan terus dilanjutkan,” jelasnya.

Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, gubernur tentu tidak bisa melaksanakan tugas secara baik, tanpa dukungan jajaran FKPD. Salah satunya  jajaran Kodam  VI Mulawarman bersama Korem 091/ASN menjalankan tugas untuk menjaga stabilitas keamanan daerah, sehingga keamanan daerah dapat terjaga baik.

Kemudian dengan Kejati Kaltim, selama ini kerjasama terjalin baik dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dengan begitu, bersama Kejati Pemprov Kaltim mampu melakukan pencegahan tindak pidana korupsi. 

“Saya berharap dengan kerjasama yang baik, Kejati Kaltim juga dapat mengimbau dan menginstruksikan Kejaksaan Negeri di kabupaten/kota untuk bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota sehingga mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa di provinsi ini,” jelasnya.

Gubernur mengimbau agar Sekprov Kaltim, para Asisten, pimpinan SKPD dan Inspektorat Wilayah terus berkoordinasi dengan Kejati, termasuk dengan  BPKP  Perwakilan dan BPK Kaltim.

Dengan bimbingan BPK Kaltim, diharapkan Pemprov Kaltim bisa mempertahankan penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Disitulah ujungnya penilaian kinerja yang kita lakukan, berhasil atau tidak. Jangan sampai, sudah WTP ternyata menurun menjadi wajar dengan pengecualian (WDP). Untuk itu saya mengimbau kepada masing-masing SKPD dan pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim agar bertekad untuk taat peraturan perundang-undangan, sehingga kita tidak melanggar aturan,” jelasnya.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada Badan Pengelola Islamic Center. Islamic Center yang diharapkan dapat menjadi kebanggaan Kaltim. Melalui badan pengelola yang baru, Islamic Center bukan hanya menjadi tempat ibadah Umat Islam saja, tetapi semua kegiatan Islami ada di masjid tersebut.

Kemudian mengenai KONI Kaltim, diharapkan dengan kerjasama yang baik antara dengan Pemprov dapat mewujudkan daerah ini menjadi provinsi terbaik di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono mengatakan bantuan yang diberikan Pemprov Kaltim adalah bentuk kerjasama yang baik antara Pemprov dengan Korem 091/ASN. 

“Tentunya ini juga berkaitan dengan pelaksanaan tugas yang diberikan kepada Komandan Korem dalam menjaga keamanan daerah, sehingga kendaraan ini ditujukan untuk operasional dan kemudahan kinerja Komandan Korem setiap hari. Secara moril tentu bantuan ini memberikan semangat untuk lebih meningkatkan kinerja lebih baik,” jelasnya. 

Sedangkan Kejati Kaltim Amri Sata berharap melalui bantuan tersebut kinerja Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim akan lebih baik. Apalagi, Kaltim merupakan wilayah yang luas, sehingga perlu fasilitas pendukung memadai.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini ada manfaat dan kami mampu melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya. (jay/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak menyaksikan Komandan Korem 091/ASN menandatangani berita acara serah terima hibah kendaraan bermotor dari Pemprov Kaltim.(johan/humasprov)

 

Berita Terkait