Kalimantan Timur
Pemprov Kaltim Jawab Pemandangan Umum Fraksi

foto: dok.humaskaltim

SAMARINDA - Prmprov Kaltim memberi jawaban terhadap pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kaltim  tentang Nota Keuangan Raperda APBD Provinsi TA 2021 pada  Rapat Paripurna ke 37 DPRD Kaltim, di Gedung Lantai VI DPRD Kaltim, Senin (14/12).

Jawaban Pemprov Kaltim disampaikan Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim H Fathul Halim mewakili Gubernur Isran Noor.

Fathul menjelaskan, dari pemandangan umum seluruh Fraksi-fraksi, Pemprov Kaltim menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota dewan terhormat atas apresiasi rencana peningkatan PAD sebesar Rp1,07 triliun atau 24,96 persen. Diharapkan rencana itu berjalan dan terealisasi.

Bahkan untuk meningkatkan PAD melalui pajak kendaraan bermotor. Pemprov Kaltim melalui Bapenda Kaltim berinovasi dengan pelayanan Samsat, yaitu adanya Mobil Panglima sebanyak 20 unit tersebar di daerah-daerah terpencil. Termasuk memberikan keringanan BBNKB.

Begitu juga dengan anggaran tenaga medis dan fasilitas pelayanan kesehatan akan dilakukan. Bahkan kesediaan Reagen Pasien Covid-19 telah disiapkan dengan kebutuhan hingga Maret 2021.

Terkait belanja daerah, memberikan prioritas pada kegiatan pemulihan ekonomi dan perbaikan kondisi sosial masyarakat akibat pandemi covid. Peningkatan nilai tambah daya saing produk komoditi unggulan daerah. Optimalisasi sumber pendapatan daerah, penataan perizinan, pengendalian investasi, penguatan konektivitas dan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan penataan ruang, peningkatan kinerja tata kelola pemerintah daerah dan kualitas pelayanan publik serta peningkatan daya saing SDM dan tenaga kerja. 

"Adapun dari semua pemandangan umum Fraksi-fraksi diharapkan dapat menjadi evaluasi dan motivasi bagi Pemprov Kaltim untuk lebih profesional dan semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelas Fathul Halim.(jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait