Pemprov Kaltim Kerjasama Seychelles

Pengembangan Potensi Ecotourisme

SAMARINDA – Guna pengembangan wisata alam (ecotourisme) di daerah khususnya di Kepulauan Derawan Kabupaten  Berau, Pemprov Kaltim melakukan kerjasama dengan Republik Seychelles.
Utusan Khusus Republik Seychelles untuk ASEAN Niko Barito usai menandatangani kerjasama dengan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengemukakan potensi wisata kepulauan Indonesia khususnya Kaltim sangat besar dan potensial dikembangkan.
“Seychelles merupakan negara kepulauan terdapat 115 pulau yang memiliki potensi wisata laut (ecotourisme) atau ekonomi keluatan dan wisata alam berbasis kelautan  yang dimiliki Kaltim terutama di Kepulauan Derawan untuk kegiatan kepariwisataan sangat potensial untuk dikembangkan dan diperkenalkan di dunia mancanegara,” ujar Niko Barito.
Disebutkan  berdasarkan rating yang dilakukan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  maka Seychelles termasuk investor lima besar di Indonesia. Terkait pengembangan ekonomi wisata yang baik terhadap pengelolaan lingkungan yang lebih lestari.
Diharapkan, kerjasama yang dijalin antara Pemprov Kaltim dengan Republik Seychelles maka potensi wisata kepulauan di daerah ini menjadi kawasan tujuan pasar khusus atau destinasi wisata ecotourisme di Indonesia.
Misalnya, kawasan kepulauan wisata di Berau dengan Pulau Derawan maupun Maratua serta gugusan kepulauan sekitarnya benar-benar merupakan kawasan tujuan khusus berlibur yang tidak terganggu bagi para pengunjung dari mancanegara untuk menikmati ketenangan.
 “Potensi wisata di Berau sangat bagus dan berpromosi di Seychelles melalui pertunjukkan seni budaya Kaltim di negara tersebut akan mampu meningkatkan nilai jual yang tinggi terhadap kegiatan kepariwisataan di daerah,” ungkap Niko Barito.(yans/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Awang Faroek  Ishak bertukar berkas dengan utusan khusus Republik Seychelles untuk ASEAN Niko Barito usai menandatangani berita acara  kerjasama pengembangan  ecotourisme di Kaltim.(fajar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation