Pemprov Kaltim Konsisten Tingkatkan SDM di Bidang IT

Pelatihan Alat Berbasis IT 2013 se-Kaltim


SAMARINDA- Pemprov Kaltim mengimbau agar seluruh guru dan perangkat sekolah meningkatkan kompetensinya, terutama dalam pengembangan Informasi Teknologi (IT) melalui alat pendukung, komputer dan laptop.  Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim pun konsisten untuk meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama para guru tentang pemanfaatan alat tersebut.  
“Teknologi informasi  saat ini sangat diperlukan. Apalagi, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak konsisten mendukung pembangunan pendidikan, termasuk peningkatan pengetahuan SDM bidang IT. Melalui peningkatan pengetahuan tersebut diharapkan guru-guru di Kaltim kompetensinya semakin membaik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim diwakili Kabid Pembinaan SMA dan SMP Dr H Asli Nuryadin, usai menghadiri pembukaan pelatihan kompetensi tenaga pendidik dalam menggunakan alat berbasis IT dan teleskop di Samarinda, Senin (20/5).
Dinas Pendidikan Kaltim akan terus melakukan monitoring ke sekolah-sekolah yang telah mendapatkan bantuan peralatan untuk pengembangan IT pendidik dan siswa. Monitoring tersebut patut dilakukan, agar Pemprov Kaltim dapat mengevaluasi hasil yang telah dicapai. Tujuannya, untuk mengetahui kemajuan peningkatan pengetahuan guru-guru dan siswa  terkait IT.  
“Setelah dilakukan monitoring, Pemprov Kaltim dapat mengetahui apa yang menjadi permasalahan di lapangan. Apabila ada pendidik yang kurang memahami penggunaan alat tersebut, kami melalui Disdik Kaltim siap melakukan pembinaan. Sangat disayangkan jika alat tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik,” katanya.
Jika pemanfaatan tersebut dapat dilakukan oleh guru-guru dan siswa, tentu hasilnya akan terlihat, ketika Disdik Kaltim melaksanakan olimpiade tentang IT.   
Mewujudkan hasil yang diinginkan, maka Disdik Kaltim akan memprogramkan pelatihan untuk penggunaan alat berbasis IT setiap tahunnya. Sehingga pengetahuan guru dan siswa di daerah meningkat.
“Bahkan Disdik Kaltim telah membentuk tim khusus untuk penggunaan alat berbasis IT, sehingga diharapkan tim tersebut dapat membina dan melatih guru dan siswa yang belum memahami pengunaan alat tersebut,” jelasnya.
Pelatihan kompetensi tenaga pendidik tentang penggunaan alat berbasis IT dan teleskop digelar sejak 19 hingga 23 Mei 2013 dengan jumlah peserta 57 orang berasal dari kabupaten dan kota, yakni Samarinda, Balikpapan, Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, PPU, Bulungan, dan Tarakan.(jay/hmsprov).


 

Berita Terkait
Government Public Relation