Kalimantan Timur
Pemprov Kaltim Manfaatkan WA

SAMARINDA - Media sosial saat ini sudah semakin maju dan modern. Fungsinya sangat penting untuk membangun komunikasi, bukan hanya antarkomunitas,  tetapi juga dimanfaatkan untuk mendukung kinerja pemerintahan.
Pemprov Kaltim misalnya, memanfaatkan media sosial whatsapp (WA) yang merupakan aplikasi massenger  untuk mengkomunikasikan informasi agenda kerja pejabat Pemprov Kaltim, terutama yang berkaitan dengan instruksi dari Gubernur Kaltim.
Asisten Bidang Pemerintahan Setprov Kaltim yang juga menjabat Plh Sekprov Kaltim Meiliana mengatakan, media tersebut dinilai sangat tepat untuk mendukung kinerja pemerintahan di lingkungan Pemprov Kaltim, mulai dari tingkat staf hingga pejabat pejabat eselon IV dan I.
"Gubernur Awang Faroek Ishak menginstruksikan agar komunikasi dan informasi harus lebih cepat. Melalui media WA diharapkan informasi yang disampaikan pimpinan, khususnya gubernur dapat diterima dengan cepat dan segera dilaksanakan. Contoh, ketika gubernur meminta untuk rapat staf, informasi itu dengan cepat sudah bisa diketahui,"  kata Meiliana di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (3/5).
Media ini wajib dimanfaatkan semua SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim, sehingga kinerja masing-masing pegawai dapat diketahui dengan cepat oleh pimpinan. Penggunaan WA ini juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik.
Media ini harus dimanfaatkan dengan baik dan tidak disalahgunakan untuk hal yang tidak baik. Bahkan, mengenai laporan hasil kerja atau laporan kehadiran setiap pegawai dapat disampaikan melalui media tersebut.
"Misal mau ijin tidak masuk kerja, dengan alasan yang tepat, setiap pegawai tidak perlu harus menyampaikan surat tertulis ke pimpinan, tetapi menggunakan WA informasi tersebut bisa dikomunikasikan dengan baik. Termasuk ketika ijin dinas luar, sehingga pimpinan dapat mengetahui dengan cepat. Artinya, media ini sangat membantu komunikasi antarpimpinan dengan staf," jelas Meiliana. (jay/sul/es/humasprov

Berita Terkait