Pemprov Kaltim Siap Bantu Pemkot Samarinda Menata Tepian Mahakam

SAMARINDA  - Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengharapkan kepada Walikota Samarinda terpilih Syaharie Jaang agar bisa memberikan banyak kemudahan dalam pengembangan ekonomi kerakyatan di Kota Samarinda dan membenahi kawasan Tepian Mahakam.

"Selamat kepada Pak Syaharie Jaang yang terpilih sebagai Walikota Samarinda. Saya berharap dalam kepemimpinannya nanti bisa lebih kreatif menata Kota Samarinda menjadi lebih baik terutama dalam pengembangan ekonomi kerakyatan dan menata kawasan Tepian Mahakam," kata Awang Faroek Ishak saat meninjau kawasan Tepian Mahakam, baru-baru ini.

Menurut dia, ekonomi kerakyatan merupakan salah satu upaya dalam mengatasi dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di Kaltim.

"Pemprov Kaltim sudah berusaha memberikan kemudahan terkait ekonomi kerakyatan terutama untuk permasalahan ijin yang cukup berurusan ke camat dalam waktu satu jam tanpa dipungut biaya dengan satu lembar izin sudah bisa dikeluarkan. Intinya, ekonomi kerakyatan itu harus dikembangkan," katanya.

Bukan hanya pengembangan ekonomi kerakyatan, Awang juga berharap adanya penataan yang baik terhadap kawasan Tepian Mahakam yang selama ini dinilai kurang tertata, terutama terkait permasalahan parkir yang perlu dibenahi.

"Kami akan bantu Pemkot menata kawasan Tepian Mahakam agar tertata dengan baik karena saya sudah punya komitmen untuk ikut menata agar menjadi lebih rapi dan tertib," katanya.

Menatanya, lanjut Awang, Pemprov Kaltim berencana membangun tempat khusus parkir dan tempat berjualan bagi pedagang dibangun secara khusus dan rapi di sepanjang Tepian Mahakam.

"Tidak ada lagi orang parkir sembarang tempat dan tidak ada lagi pedagang yang berjualan seenaknya. Tetapi harus ditata serapi dan sebaik mungkin. Kami tidak ingin ada tukang parkir dadakan muncul dan menguasai lahan. Karena itu, marilah ciptakan Kota Samarinda, sebagai kota tertib, masyarakatnya juga harus disiplin," katanya. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait