Pemprov Kaltim Siap Menyesuaikan

Adanya Perampingan Kementerian Periode Jokowi-JK

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyatakan Pemprov Kaltim siap menyesuaikan perampingan kementerian yang dilakukan Presiden  Joko Widodo (Jokowi).  Pemprov Kaltim akan melihat kementerian mana yang akan dirampingkan maupun baru dibentuk. 

“Maksud dan tujuan perampingan tersebut tentu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintah dari pusat hingga daerah dalam pelaksanaan program kerja selama lima tahun ke depan. Yang jelas, Pemprov Kaltim siap menyesuaikan,” kata Mukmin Faisyal di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (24/10).

Mukmin berharap presiden terpilih dapat memilih menteri yang bertanggungjawab dan professional terhadap tugas yang diamanahkan. Menurut dia, apa yang dilakukan pemerintah untuk merampingkan atau menggabungkan kementerian yang telah ada tidak akan mengganggu kinerja yang telah diprogramkan Pemprov se-Indonesia, termasuk Kaltim. 

“Semua Pemprov se-Indonesia wajib menyesuaikan untuk membentuk SKPD yang baru, bukan kementerian yang menyesuaikan dengan Pemprov,” jelasnya.

Pemprov Kaltim akan segera melakukan penyesuaian, sehingga pelaksanaan kerja pemerintah daerah bersinergi dengan pemerintah pusat. Perampingan atau penggabungan kementerian pasti akan berdampak pada nomenklatur SKPD. 

“Semua disesuaikan dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Karena itu, Pemprov Kaltim siap melakukan penyesuaian. Yang jelas, Pemprov Kaltim siap mendukung langkah pemerintah pusat selama kepemimpinan Jokowi dan Jusuf Kalla," jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation