Pemprov Kaltim Siap Salurkan Dana Rp2,5 M ke NTB

Hj Meliana

SAMARINDA - Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan Pemprov Kaltim  melalui alokasi dana tidak terduga tahun anggaran 2018 akan memberikan bantuan dana kemanusiaan sebesar Rp2,5 miliar kepada Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Bantuan dana kemanusiaan untuk membantu korban bencana gempa bumi di NTB ini sejalan dengan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor 007/613/SJ tanggal 20 Agustus 2018 perihal bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka penanganan  masyarakat  terdampak bencana.

"Bantuan ini juga diinisiasi oleh Gubernur Awang Faroek tentunya. Karena sejak awal beliau sudah mengimbau agar masyarakat Kaltim peduli terhadap para korban gempa di NTB ini," kata Meiliana usai memimpin rapat  bersama pihak perbankan di Kaltim dalam pembahasan pemberian bantuan bencana alam dari Pemprov Kaltim kepada Pemprov NTB di ruang Rapat  Pj Sekprov Kaltim, Selasa (4/9).  

Pemprov Kaltim, lanjut Meiliana  melalui alokasi dana tidak terduga tahun anggaran 2018 akan memberikan bantuan dana sebesar Rp2,5 miliar. Jumlah itu diharapkan bisa bertambah, sebelum diserahkan  langsung oleh Gubernur Kaltim  H Awang Faroek Ishak kepada Gubernur NTB dalam waktu dekat ini.

Ditambahkan, untuk menambah bantuan dana tersebut gubernur telah mengintruksikan  untuk mengumpulkan pihak perbankan  dalam upaya penggalangan dana, sehingga dana yang nantinya diserahkan bisa lebih besar lagi jumlahnya. 

"Kita harapkan  ada partisipasi dan kepedulian dari seluruh perbankan yang ada di Kaltim untuk membantu saudara kita yang telah dilanda musibah gempa bumi di Lombok NTB beberapa waktu lalu," seru Meiliana. 

Untuk mengoleksi bantuan dana dari bank-bank  yang ada, Meiliana  meminta kepada Bank Indonesia untuk menghimpun bantuan dari masing-masing bank, termasuk Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim diminta menggalang bantuan dana dari berbagai pihak.

Setelah rapat ini, diharapkan pihak BI segera melakukan komunikasi dan koordinasi kepada bank-bank di Kaltim. Seluruh bantuan nanti akan disatukan dan akan diserahkan langsung oleh Gubernur Awang Faroek. "Rencana Minggu depan akan diserahkan langsung oleh gubernur," ungkap Meiliana. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation