Pemprov Kaltim Terus Kembangkan Potensi Kepariwisataan

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim menyadari akan potensi Sumber Daya Alam yang melimpah saat ini akan habis pada suatu masa mendatang. Atas kesadaran ini,  Kaltim terus mengembangkan potensi-potensi kepariwisataan yang dimiliki untuk kelangsungan perekonomian dan pembangunan daerah.
Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Kaltim, H. Farid Wadjdy saat menghadiri pertemuan Persiapan Pelaksanaan Fastival Derawan 2013 di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (25/4).
Menurut Wagub, salah satu potensi yang akan dikembangkan adalah wisata bahari atau kelautan dengan melalui Festival Derawan 2013 sebagai ajang pemansan penyelenggaraan Sail Derawan 2014.
"Pemerintah Provinsi Kaltim berkomitmen untuk mengembangkan potensi kepariwisataan yang dimiliki kabupaten/kota, terutama memperkenalkan Kepulauan Derawan sebagai salah satu obyek wisata tujuan dunia," ujarnya.
Sukses pelaksanaan Festival Derawan 2013 yang bertepatan dengan pelaksanaan Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur,  September mendatang, merupakan upaya pengenalan potensi wisata bahari yang dimiliki Kaltim  kepada wisatawan  nusantara dan mancanegara.
Menurut Wagub, sukses Festival Derawan 2013 tidak terlepas dari kerjasama antara Pemrov Kaltim dan Pemkab Berau sebagai lokasi pelaksanaan festival. Selain itu, Wagub mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta membantu Pemkab Berau dalam menerima kunjungan para tamu dari luar Kaltim.
Dijelaskan, wisatawan yang datang nantinya kebanyakan adalah wisatawan mancanegara menggunakan kapal-kapal layar (yacht) dan kapal pesiar. Bahkan kapal perang Angkatan Laut Republik Indonesia juga bertambat ketika membawa sejumlah tamu dari luar Kaltim.
"Kesuksesan Festival Derawan tidak lepas dari pertisipasi masyarakat Kaltim umumnya dan masyarakat Kabupaten Berau khususnya dapat menyambut para tamu dengan ramah dan menyenangkan," harapnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim yang juga Ketua Panitia Festival Derawan 2013, H. Irianto Lambrie mengingatkan panitia untuk dapat menyelenggarakan kegiatan dengan tertib administrasi dan tertib keuangan. Selain itu, diharapkan juga panitia dapat berhemat dan dapat menggunakan anggaran secara efisien.
"Kepada Dinas Pariwisata Kaltim sebagai SKPD yang paling bertanggungjawab, diharapkan dapat menggandeng sponsor dan mitra dalam menyiapkan sarana dan prasarana lain," ujarnya.
Dalam pertemuan ini, selain dihadiri oleh Wagub Farid Wadjdy, Sekprov H. Irianto Lambrie dan Konsultan Festival Derawan, H Aji Sularso, juga dihadiri oleh Kepala Dinas dan perwakilan kepala dinas dari provinsi dan kabupaten/kota.(yul/hmsprov).
 

Berita Terkait