Pemprov Komitmen Dukung Pengembangan Potensi Daerah

Pelatihan Teknis Usaha Kerajinan Anyaman Rotan

MUARA PAHU - Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim H Muhammad Djailani menyatakan bahwa Pemprov Kaltim sangat berkomitmen untuk mendukung pengembangan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing kecamatan, terutama di Kecamatan Muara Pahu.

Muara Pahu terkenal dengan sumber daya rotan. Apalagi, rotan yang ada di daerah tersebut dinilai sangat banyak, sehingga patut dikembangkan secara baik dan profesional oleh masyarakat setempat.

“Pelatihan tentang kerajinan anyaman rotan di kecamatan ini diikuti 70 peserta. Tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan keterampilan masyarakat setempat. Sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pembuatan anyaman rotan yang diolah secara profesional,” kata Muhammad Djailani usai membuka pelatihan kerajinan anyaman rotan di Kampung Tanjung Laong, Muara Pahu, Rabu (5/3).

Menurut dia, pelatihan tersebut bagian dari program kerja 100 hari Gubernur dan Wagub Kaltim. Karena, tahun ini ada 10 pelatihan yang dilakukan di Kubar sesuai dengan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing kecamatan.

Djailani berkeyakinan, melalui pelatihan tersebut masyarakat Muara Pahu dapat dibina dengan baik, sehingga mampu mandiri dalam berwirausaha. Apalagi, pelatihan yang dilakukan ini bekerjasama dengan konsultan yang memang mengetahui bagaimana teknik pembuatan anyaman rotan serta mampu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mau berwirausaha. 

“Kerjasama dengan konsultan ini juga dilakukan di 10 kecamatan yang ada di Kutai Barat. Selanjutnya, setelah pelatihan ini, masyarakat akan selalu dibina, sehingga usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan penghasilan sehari-hari,” jelasnya.

Pelatihan di Kutai Barat dinyatakan sangat banyak dilakukan pada tahun ini. Karena, Disperindagkop Kutai Barat dinilai mampu membina masyarakat dalam pengembangan koperasi dan mampu meraih prestasi sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang merupakan kabupaten penggerak koperasi pada 2010. 

Sementara itu, Camat Muara Pahu Nanang Ardani mengatakan sangat berterima kasih atas dukungan yang dilakukan Pemprov Kaltim melalui Disperindagkop dan UMKM Kaltim yang telah melakukan pelatihan kewirausahaan di Muara Pahu. 

“Melalui dukungan tersebut, pemerintah kecamatan secara otomatis berkomitmen turut mendukung program yang dilakukan Pemprov Kaltim, dengan cara membina masyarakat yang telah mengikuti pelatihan kewirausahaan tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, Kecamatan Muara Pahu sangat mengapresiasi. Karena, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, terutama di wilayah pesisir dan tertinggal, sehingga ada kesempatan dan peluang bagi masyarakat untuk membangun usaha yang lebih baik ke depan. Sesuai dengan potensi dan ketersediaan sumber daya bahan baku lokal di daerah tersebut. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait