Pemprov Komitmen Dukung Program PKK Kaltim

Rakon TP-PKK se Kaltim dan Kaltara

SAMARINDA - Asisten Bidang Pemerintahan Sekprov Kaltim Aji Sayid Fatur Rahman menyatakan Pemprov Kaltim berkomitmen terus mendukung program yang dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim.    
“PKK adalah mitra pemerintah. Mitra untuk membantu pemerintah meningkatkan  kesejahteraan keluarga. Karena itu, PKK harus mampu menyusun program nyata yang dapat menggerakkan masyarakat dan keluarga sesuai dengan tujuan-tujuan PKK, termasuk  mendukung pencapaian target MDGs,” kata Aji Sayid Fatur Rahman usai membuka Rapat Konsultasi TP-PKK se-Kaltim dan Kaltara 2013 di Gedung Utama PKK Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Senin (2/12).
Fatur melanjutkan,  organisasi ini memiliki 10 program prioritas, diantaranya terkait penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, ketahanan pangan, peningkatan sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, yang diharapkan mampu menyukseskan pencapaian target MDG’S 2015.  
Menurut dia, seluruh program TP-PKK adalah program mulia. Sebab itulah, Pemprov Kaltim terus memberikan dukungan kepada TP PKK Kaltim. Dukungan tersebut mulai dari pendanaan maupun pembinaan terhadap pelaksanaan program di lapangan. Bukti dukungan tersebut, yakni Pemprov Kaltim terus melakukan pendampingan dalam melaksanakan program yang dilakukan TP-PKK Kaltim.
“Pemprov Kaltim memiliki Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana yang diharapkan dapat betul-betul memberdayakan perempuan di Kaltim secara profesional. Selain itu, Pemprov Kaltim juga memiliki Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang selalu siap menyukseskan pemberdayaan masyarakat melalui program TP-PKK Kaltim,” jelasnya.  
Ketua TP-PKK Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek mengatakan tujuan rapat konsultasi tersebut adalah untuk melakukan konsultasi dan koordinasi antara TP PKK Kaltim dengan PKK Kabupaten dan Kota serta TP PKK se-Kaltara.   
“Dengan adanya konsultasi dan koordinasi ini diharapkan terjadi keselarasan sehingga pelaksanaan kegiatan TP PKK akan lebih optimal sesuai hasil Rakernas VII 2010,” jelasnya.
Selain itu, kegiatan ini untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan gerakan PKK di provinsi dan kabupaten/kota yang mengacu pada hasil Rakernas VII PKK 2010 terkait dengan bidang kelembagaan administrasi dan pelaksanaan 10 program pokok PKK.  
Melalui rapat konsultasi, Amelia berharap kegiatan PKK dapat dilakukan secara serasi dan terpadu dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan hingga kelompok dasawisma.  
“Kami berharap pelaksanaan program PKK harus disesuaikan dengan kebutuhan, potensi dan kearifan lokal, dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan kualitas hidup (Quality of Life),” jelasnya. (jay/hmsprov)

///FOTO : Ketua TP-PKK Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek (tiga dari kiri) dan Hj. Ruzaimah Farid Wadjdy (tiga dari kanan) bersama jajaran Pengurus TP-PKK Kaltim.(norjaya/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait