Pemprov Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kaltim

SAMARINDA - Momentum Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kaltim yang dilaksanakan 12 November 2014, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di semua tingkatan, mulai dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) hingga Rumah Sakit (RS) baik RS pemerintah maupun swasta. Banyak cara untuk mewujudkan komitmen tersebut, antara lain mengutamakan pelayanan masyarakat dari pada administrasi layanan kesehatan.

“Seluruh pusat layanan kesehatan masyarakat harus mengutamakan kepentingan kesehatan masyarakat atau pasien dari pada mempersoalkan administrasi. Jika, pelayanan kesehatan kepada masyarakat telah dilakukan, maka selanjutnya layanan administrasi bisa dilanjutkan,” kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, Selasa (11/11).

Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, maka setiap puskesmas maupun rumah sakit dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masing-masing. Caranya, dengan melakukan pembinaan maupun pelatihan terhadap perawat maupun dokter di puskesmas maupun rumah sakit.

Sebagai contoh, lanjut dia, dokter jangan hanya mementingkan praktek pribadi, tetapi lebih mengutamakan kepentingan masyarakat di rumah sakit maupun puskesmas tempat mereka ditugaskan.

“Saya tegaskan, seluruh dokter harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi. Khususnya di puskesmas maupun di rumah sakit. Karena, di rumah sakit maupun puskesmas masyarakat lebih banyak membutuhkan layanan yang diberikan para dokter. Jangan sampai, dokter lebih mengutamakan tempat prakteknya terlebih dulu. Ke depan pemerintah akan menetapkan tata tertib untuk itu, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih baik,” jelasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan tersebut, maka Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas SDM kesehatan di daerah. Caranya, dengan memberikan bantuan beasiswa bagi tenaga perawat dan dokter di daerah setiap tahun, sejak 2009 lalu.

“Semoga apa yang dilakukan pemerintah ini dapat memberikan manfaat bagi pelayanan kesehatan di daerah,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

////FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP bersama seorang pasien di salah satu Puskesmas di Kabupaten Mahakam Ulu.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation