Pemprov Lepas Siswa Mengenal Nusantara ke Banten


SAMARINDA - Pemprov melepas 20 siswa asal Kaltim ke Banten untuk mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan Program Kementrian BUMN untuk negeri, yang dijadwalkan 7-14 Agustus 2016.

Pemprov Kaltim memberi apresiasi tinggi kepada Kementerian BUMN yang memprogramkan kegiatan tersebut dan ditindaklanjuti oleh PT Pupuk Indonesia bersama anak usahanya, yaitu PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya (Persero).

“Kegiatan ini sangat tepat, seiring keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dikhawatirkan. Melalui kegiatan ini diharapkan keutuhan bangsa ini semakin baik. Karena tujuan utama dari kegiatan ini adalah bagaimana merajut keutuhan NKRI melalui gerakan generasi muda,” kata Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali usai melepas dan memberikan arahan kepada peserta SMN di Pendopo Lamin Etam, Sabtu (6/8).

Menurut Bere Ali, kegiatan ini diharapkan terus berlanjut hingga di masa akan datang. Karena, Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, budaya dan etnis, sehingga dengan kegiatan tersebut mampu membangun kesejahteraan rakyat dan keutuhan Negara melalui gerakan pemuda.

Adapun sasaran peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa SMA sederajat sangatlah tepat. Karena, para pelajar inilah yang nantinya akan menjadi penerus estapet kepemimpinan bangsa, khususnya di daerah.

“Kami yang tua-tua tentu memiliki semangat tinggi membangun keutuhan NKRI. Namun demikian, generasi muda diharapkan dapat terus melanjutkan komitmen tersebut, sehingga keutuhan tersebut tidak luntur. Karena kita bangga sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya serta kekayaan alam,” jelasnya.

Bere meminta, peserta dapat menyampaikan perkembangan budaya dan adat istiadat Kaltim ketika di Banten, termasuk perkembangan pembangunan yang kini dilakukan Pemerintah Provinsi.

“Kita memiliki program pembangunan diharapkan ini dapat disampaikan kepada pelajar maupun masyarakat di Banten, termasuk kekayaan wisata yang dimiliki Kaltim, sehingga mereka juga akan berminat untuk mengunjungi daerah ini. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi kerakyatan Kaltim semakin baik,” jelasnya.

Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim Meizar Effendi mengatakan tujuan kegiatan tersebut agar para pelajar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam di daerah masing-masing.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, pelajar Kaltim mampu menghadapi tantangan bangsa ke depan untuk terus memajukan peradaban bangsa, serta melestarikan kekayaan alam,” jelasnya.(jay/es/humasprov)  

Berita Terkait