Pemprov Mengimbau Tetap Jaga Kesehatan

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA- Dari apel rutin setiap Senin pagi di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, (16/3/2020), Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani berpesan dalam arahannya, adanya wabah pandemic Covid-19 atau Virus Corona yang melanda kurang lebih 100 negara di dunia. Sampai kapan, kondisi ini belum dapat diketahui berakhirnya.

Karena itu, Pemprov Kaltim mengimbau pertama, SOP-nya adalah apabila ada yang mengkhawatirkan jangan membuat panik. Tapi, hubungilah Call Center 112 yang sudah ditetapkan pemerintah. Dengan begitu tim kesehatan Pemkot Samarinda segera mendatangi atau merespon masyarakat yang melakukan komunikasi tersebut.

Artinya, masyarakat jangan panik tiba-tiba harus ke rumah sakit. Tetapi, harus terlebih dulu dideteksi kondisi tubuhnya di rumah masing-masing. Jika memang ada gejala yang dimaksud, maka baru dirujuk ke Rumah Sakit.

Kemudian, kepada seluruh ASN apabila ada keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar yang memiliki gejala terpapar Covid 19 jangan langsung divonis, tetapi diamankan terlebih dulu di rumah hingga 14 hari ke depan masa inkubasinya.

Namun demikian, terpenting adalah bagaimana menjaga kesehatan di lingkungan keluarga, melaksanakan prilaku hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar maupun keluarga. (timhumasprovkaltim)

Berita Terkait