Pemprov Minta Kementerian PUPR Bangun Rusunawa

Gubernur bersama atlet SKOI Kaltim. (DOK/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus berupaya menyiapkan pembinaan bibit atlet muda berbakat guna meningkatkan prestasi olahraga di tingkat nasional maupun internasional. Mendukung itu, Pemprov Kaltim telah menyampaikan permohonan kepada Kementerian PUPR agar dibangunkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kampus Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim di Komplek Stadion Utama Palaran Samarinda.

 

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan, Rusunawa ini untuk mendukung pembinaan atlet muda, agar bisa fokus dalam berlatih dan menjalani pendidikan akademik di SKOI. "Kita berharap pendidikan dan pelatihan di SKOI semua bisa boarding school atau atlet semua diasramakan. Sehingga dengan demikian, atlet dan pelatih bisa satu wadah selama 24 jam," kata Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam, Senin (12/2).

 

Rencana ini meniru pembinaan atlet muda yang dilaksanakan negara-negara besar di Asia, seperti China. Karena itu, SKOI diharapkan bisa menjadi wadah pembinaan kader yang mampu memberikan prestasi bagi daerah maupun negara. Dengan pembinaan yang baik dan profesional mulai sejak dini, diharapkan Kaltim tidak lagi membeli atlet dari luar, ketika ingin mengikuti even olahraga nasional maupun internasional.

 

"Terbukti, sejak PON di Riau hingga Jawa Barat, atlet dari SKOI turut berpartisipasi mendukung tim Kaltim. Ini membuktikan pembinaan yang dibangun pemerintah daerah terwujud. Karena itu, kita harapkan semoga saja usulan pembangunan Rusunawa terwujud," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait