Pemprov Minta Penataan Wilayah Terus Diperluas

SAMARINDA - Sebagai ibukota Provinsi Kaltim, Samarinda terus mengalami kemajuan pembangunan  seiring pertambahan usia Pemkot Samarinda ke-56 dan Hari Jadi Kota Samarinda ke-348. Samarinda diyakini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang sangat penting di Kaltim. Meski demikian, pemerintah harus menyiapkan antisipasi sebagai dampak dari kemajuan pertumbuhan ekonomi itu diantaranya soal macet dan banjir.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Budi Pranowo saat menghadiri puncak hari jadi tersebut meminta agar penataan wilayah harus diperluas seiring berkembangnya teknologi informasi yang semakin maju.

“Pembangunan Kota Samarinda ke depan harus semakin baik, terutama dalam penataan wilayah atau penataan perluasan kota. Sehingga masyarakat Samarinda mampu menghadapi pertumbuhan ekonomi yang semakin maju,” kata Budi Pranowo usai Upacara HUT dan Hari Jadi Kota Samarinda di GOR Segiri, Kamis (21/1).

Mendukung pertumbuhan ekonomi tersebut, maka Samarinda juga perlu menyiapkan sistem informasi perkotaan. Sebab semua kepentingan di daerah ini diyakininya akan terpusat di ibukota provinsi.

Dengan majunya perkembangan pembangunan itu, maka perlu adanya jalan keluar untuk menyambut pertumbuhan tersebut, salah satunya adalah adanya penataan wilayah yang harus diperluas.

“Kita saat ini sudah masuk pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sehingga pertumbuhan pembangunan di daerah ini harus semakin baik. Jadi kita harus semakin serius dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini,” jelasnya.

Selain itu, pelayanan publik, terutama administrasi kependudukan berbasis informasi teknologi (IT) secara online harus juga diterapkan agar pelayanan bisa diberikan dengan cepat dan akurat.

Jika pelayanan dan informasi tersebut dapat diakses dengan baik dan cepat, tidak menutup kemungkinan akan banyak investor yang datang untuk menanamkan modal.     

“Dengan begitu kami yakin pendapatan asli daerah akan meningkat, seiring meningkatnya pelayanan yang semakin bagus,” jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait