Pemprov Minta Sekolah Tingkatkan Imtaq Siswa Selama Ramadhan

Pemprov Minta Sekolah Tingkatkan Imtaq Siswa Selama Ramadhan

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan Kaltim meminta agar setiap satuan pendidikan atau sekolah meningkatkan iman dan taqwa (Imtaq) para siswa selama Ramadhan tahun ini. Tujuannya, agar seluruh siswa dapat melaksanakan rutinitas positif, misalnya dengan  melaksanakan pesantren kilat.

"Memasuki Bulan ramadhan tentu rutinitas siswa di sekolah umumnya berkurang. Karena itu, diharapkan kekurangan itu dapat diisi dengan kegiatan positif yang dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan (imtaq)," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim, Rabu (17/6).

Kegiatan semacam pesantren kilat diharapkan dapat melatih para siswa untuk fokus menjalankan ibadah ramadhan. Namun diharapkan agar masing-masing sekolah dapat mengatur waktu kegiatan tersebut, sehingga tidak membebani kondisi fisik siswa.

"Dengan kegiatan seperti pesantren kilat, diharapkan akhlaq siswa semakin meningkat dan jauh dari prilaku menyimpang. Apalagi, saat ini prilaku menyimpang makin menjadi-jadi termasuk menyerang generasi muda. Contohnya, penyalahgunaan narkoba, minum-minuman keras hingga kebut-kebutan di jalan," jelasnya.

Pembinaan imtaq diperlukan untuk meningkatkan kualitas ibadah siswa, bukan hanya saat ramadhan tetapi juga bulan lainnya. Karena itu, pesantren kilat atau pesantren ramadhan sangat baik untuk mendorong tumbuhnya nilai dan pemahaman siswa mengenai Islam dalam membentuk akhlak mulia. (jay/sul/es/hmsprov) 

Berita Terkait