Pemprov Optimis BSB Selesai Akhir 2016

SAMARINDA - Pemprov Kaltim optimis pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring  secara fisik selesai pada akhir 2016, meski kontrak tahun jamaknya sampai 2018.

"Berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) terhadap kontrak itu  pembayarannya bisa kita cicil, meski secara fisik selesai 2016," kata Sekprov Kaltim H Rusmadi, akhir pekan lalu.

Sebelumnya Pemprov sudah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian Perhubungan. Bagi Pemprov dan masyarakat Kaltim yang terpenting BSB bisa secepatnya beroperasi.

Pemprov berharap agar Bandara Temindung bisa segera dipindahkan ke BSB setelah pekerjaan fisik selesai.  Dia berharap pemerintah pusat mendukung kelancaran proses pemindahan Bandara di Ibukota Provinsi Kaltim itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain mengatakan, BSB ditargetkan selesai akhir 2016. Saat ini sedang dilakukan penyelesaian landasan pacu sepanjang 2.100 meter dan Maret ini sudah melakukan pekerjaan struktur. Sebelumnya pekerjaan tanah sudah diselesaikan dan saat ini pengerasan landasan.

"Target Desember 2016 selesai. Kita ingin secepatnya memindahkan Bandara Teminung ke BSB. Paling lambat Desember atau Januari 2017," ucap Zairin.

Diakui Zairin, penerbangan di Bandara Temindung dinilai sudah tidak aman, karena banyaknya tiang antena  dan sangat dekat dengan permukiman warga sehingga maksimal hanya dapat didarati pesawat jenis ATR-42. (mar/sul/es/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation