Pemprov Pastikan Pelayanan Kesehatan Meningkat

Gubernur meninjau pasien rumah sakit. (DOK/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Tahun ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018. Berbagai pelayanan terhadap masyarakat pun terus ditingkatkan. 

 

Awang mengatakan, hal itu ditunjukkan dari capaian angka harapan hidup manusia di Kaltim. Angka harapan hidup manusia Kaltim terus mengalami kenaikan mencapai 73,68 persen di 2017 dan sedikit lagi mencapai target 73,85 persen. "Kenaikan angka harapan hidup, karena pemprov terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan," kata Awang Faroek Ishak  di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (26/1).

 

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ini dapat terlihat dari berbagai program kesehatan yang dilaksanakan Pemprov Kaltim, yaitu adanya peningkatan sarana prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahrani Samarinda, RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan RS Atma Husada sebagai unit pelayanan rujukan.  

 

Selain itu, adanya pengembangan Puskesmas 24 Jam sebanyak 110 unit dan Rumah Sakit Pratama sebanyak 6 unit melalui bantuan keuangan ke kabupaten/kota dan tahun 2017 ini telah beroperasi 3 rumah sakit pratama type D yaitu Rumah Sakit Pratama Batu Engau, Kabupaten Paser, Rumah Sakit Pratama Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur dan Rumah Sakit Pratama Talisayan, Kabupaten Berau.

 

"Itulah berbagai program yang telah dilaksanakan Pemprov Kaltim, guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Bahkan, peningkatan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular telah berhasil menurunkan prevalensi HIV/AIDS 1 persen, prevalensi tuberculosis (TB) mencapai 100 penduduk, angka kejadian malaria per 1000 penduduk mencapai 0,40 persen," jelasnya. (jay/sul/humasprov) 

Berita Terkait
Semua Pihak Tanggulangi  AIDS
Semua Pihak Tanggulangi  AIDS

10 Desember 2016 Jam 00:00:00
Kesehatan

Nafsiah : Jutaan Anak Kaltim Sehat
Nafsiah : Jutaan Anak Kaltim Sehat

21 Januari 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan

Menkes Puji Awang
Menkes Puji Awang

23 Maret 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan