Pemprov Perlu Dukungan Seluruh Lapisan Masyarakat

Bersama dan Kompak Berantas Peredaran Narkoba

SAMARINDA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan pemerintah daerah bersama seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat berperan penting dalam memberikan pengetahuan dan fasilitasi kepada remaja terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa mengenai dampak negatif penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.

Hal itu dilakukan agar dapat mendorong dan menumbuhkembangkan peran serta semua komponen masyarakat, agar terbebas dan mempunyai sikap menolak dari pengaruh narkoba dengan mendapatkan lingkungan kondusif bebas narkoba

“Saat ini peredaran dan penyalahgunaan narkoba semakin marak, tidak hanya melanda orang-orang dewasa tetapi juga telah memasuki dunia remaja dan anak-anak yang justru sedang dalam usia produktif. Ini yang harus kita cegah dan berantas. Jangan sampai generasi muda kita diracuni dengan narkoba” kata Awang Faroek belum lama ini di Samarinda.

Untuk itu, ujar dia, peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba di lingkungannya. Sehingga, penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, pelajar dan mahasiswa dapat diminimalisir atau jika perlu dihilangkan.

“Permasalahan narkoba sangat kompleks, tidak hanya menyangkut pada remaja atau pelajar itu sendiri, tetapi juga melibatkan banyak pihak baik keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, kampus, teman sebaya, tenaga kesehatan, serta aparat hukum, baik sebagai faktor penyebab, pencetus ataupun yang menanggulangi,” ujarnya.

Awang Faroek berpesan kepada generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan di Kaltim dan Indonesia, agar senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, melalui kegiatan positif yang dapat memberikan manfaat bagi masa depan bangsa dan negara.

Ke depan, lanjut dia, Kaltim sangat memerlukan generasi andal dan berkualitas untuk melanjutkan pembangunan yang saat ini sedang dilakukan. Tidak hanya itu, persaingan di masa mendatang sangatlah kompetitif sehingga memerlukan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan SDM, kesejahteraan masyarakat dan perlindungan anak serta generasi muda pada umumnya. Karena itu, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk menyelamatkan generasi penerus dari ancaman narkoba,” pungkasnya. (her/hmsprov)

Berita Terkait