Pemprov Serahkan Alsintan untuk Poktan

Ibrahim bersama alsintan bantuan bagi petani Samarinda. (masdiansyah/humasprov)

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada beberapa kelompok tani (poktan) Kota Samarinda. “Hari ini kita menyerahkan dukungan bantuan alsintan untuk Poktan bersumber dari APBN tahun angaran 2018,” kata Kepala DPTPH Kaltim H Ibrahim pada Kegiatan Tanam Padi Sistem Teknologi Hazton di Muang Dalam Kelurahan Lempake Samarinda, Senin (12/2).

 

Menurut dia, bantuan alsintan sebagai upaya meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas tanaman padi petani di Samarinda. Selama ini lanjutnya, indeks pertanaman berada pada kisaran dua kali setahun namun dengan adanya dukungan alsintan maka meningkat dua sampai tiga kali setahun. Demikian pula, produktivitas bisa meningkat tidak hanya 5 atau 6 ton per hektar tetapi bisa lebih dari itu bahkan minimal dapat mencapai 7 – 8 ton per hektar. “Peningkatakn indeks pertanaman maupun produktivitas sangat reaslistis dengan bantuan alsintan setiap tahun bagi petani di Samarinda maupun Kaltim,” ujarnya.

 

Dukungan bantuan alsintan yang diserahkan berupa pompa air 10 unit, power threser dua unit, corn sheller satu unit, hand sprayer 50 unit dan cultivator lima unit. Sedangkan bantuan alsintan tahun 2017 bersumber APBN terdiri traktor roda dua (handtractor) 14 unit dan pompa air lima unit. Selain itu, cultivator dua unit dan combine harvester kecil empat unit, combine harvester sedang tiga unit, power threser satu unit, hand sprayer 24 unit dan corn sheller dua unit. “Sementara dukungan pengembangan tanaman pangan dari APBN tahun ini terdiri dari padi 300 hektar dan jagung 150 hektar,” ungkap Ibrahim. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait