Pemprov Siap Bantu Pertamina Bangun Kilang Baru

SAMARINDA- Pemprov Kaltim siap membantu PT Pertamina (Persero) dalam membangun infrastruktur di daerah, termasuk membangun kilang baru di daerah. Hanya saja, ketika membangun, diharapkan Pertamina dapat memperhatikan kepentingan rakyat, sehingga rakyat tidak terganggu.

Apabila, Pertamina akan membangun di lokasi Stadion Parekesit Balikpapan, diharapkan dapat dikoordinasikan terlebih dulu dengan Pemerintah Kota Balikpapan, sehingga Pemerintah Balikpapan dapat memberikan solusi kepada masyarakat yang terkena imbas dari pembangunan yang akan dilakukan di lokasi tersebut.

“Silahkan Pertamina mengembangkan usaha. Tetapi, tanpa banyak menggusur. Mungkin kalau untuk karyawan bisa dibuatkan rumah susun. Sementara rakyat bagaimana. Yang jelas, nanti pasti masalah ganti rugi menjadi perhatian serius dari Pertamina,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Rachmad Hardadi di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Jumat (4/3).

Karena itu, diharapkan Pertamina yang memiliki slogan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan dapat duduk bersama dengan Pemerintah Kota Balikpapan untuk mengkoordinasikan masalah pengembangan pembangunan infrastruktur yang dilakukan perusahaan. Artinya, pengembangan tersebut harus disesuaikan dengan tata ruang wilayah di Balikpapan.

Koordinasi tersebut diperlukan, agar sinkronisasi pengelolaan wilayah yang dimiliki Pemerintah Kota dan Pertamina dapat diketahui, yakni mana milik Pertamina dan mana milik Pemerintah Kota, sehingga dapat dikelola dengan baik.

“Prinsipnya kami siap membantu Pertamina. Pemprov siap, terutama kerjasama yang menguntungkan bagi rakyat dan pemerintah maupun pertamina,” jelasnya.(jay/hmsprov) 

Berita Terkait