Pemprov Siap Beri Beasiswa untuk Mahasiswa dan Dosen

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyatakan Pemprov Kaltim siap memberikan bantuan beasiswa kepada dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda (Polnes).
Awang berharap realisasi itu dapat dilaksanakan pada tahun depan, sehingga Polnes juga dapat mendukung peningkatan kualitas mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.
“Saya berharap Politeknik Negeri Samarinda harus terus meningkatkan kualitas lulusan yang dimiliki. Karena itu, tahun depan Pemprov Kaltim akan memberikan bantuan beasiswa kepada 20 dosen Politeknik untuk melanjutkan pendidikan Dokter atau S3 dan beasiswa bagi 1.000 mahasiswa Politeknik. Makanya saya berharap dosen dan mahasiswa yang lulus dapat berkualitas,” kata Awang Faroek Ishak usai menghadiri Wisuda XXV Polnes 2013 di GOR Segiri Samarinda, Kamis (10/10).
Menurut dia, 1.000 mahasiswa dan 20 dokter yang diberikan itu termasuk dari 50.000 penerima yang ditargetkan Pemprov Kaltim dalam program Beasiswa Kaltim Cemerlang.
Melalui program tersebut, Awang berharap lulusan Polnes siap menjadi tenaga kerja dan wirausaha di Kaltim. Meski lulusan tersebut hanya D3 dan S1, namun kualitas kinerja dari lulusan Polnes diyakini mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta di Kaltim.
“Meski ada juga yang bukan strata 1, mereka tentu sudah siap untuk bekerja di berbagai perusahaan di daerah ini. Bahkan, mereka sudah banyak yang terserap di berbagai perusahaan,” jelasnya.
Awang menilai, dari kualitas yang dimiliki Polnes selama ini, maka kualitas mutu pendidikan tidak kalah dengan perguruan tinggi yang ada di Kaltim maupun Politeknik di Indonesia.
Karena itu, Awang berharap lulusan Polnes tidak menganggur. Diharapkan dapat terserap di pasar kerja di Kaltim. “Saya berharap lulusan Politeknik Negeri Samarinda jangan ada yang menganggur,” jelasnya.
Selain itu, Awang mengaku bangga atas lulusan yang dimiliki Polnes saat ini. Karena, 90 persen lulusan Polnes telah terserap di pasar kerja di Kaltim. Karena itu, diharapkan lulusan Polnes dapat mengabdi kepada bangsa dan negara sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.
Direktur Polnes Ibayasid mengatakan, Polnes tahun ini meluluskan sebanyak 799 mahasiswa. Dia berharap lulusan Polnes tahun ini dapat mengabdi di daerah. Karena, diketahui Pemprov Kaltim tengah giat-giat membangun, baik infrastruktur hingga peningkatan kualitas SDM.
“Karena itu, kami berharap lulusan Politeknik Negeri Samarinda mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi di Kaltim. Meski begitu, kami bangga karena lulusan tahun ini sudah ada yang diterima di pasar kerja. Kami berharap, ke depan Politeknik Negeri Samarinda bisa mencetak lulusan yang siap bekerja dan mengabdi bagi bangsa dan negara, terutama di daerah,” jelasnya.(jay/hmsprov)

//Foto:. MAMPU BERSAING. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan sambutan pada Wisuda Politeknik Negeri Samarinda. (fajar/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation