Pemprov Siap Fasilitasi Kuliah di Jepang


SAMARINDA – Kembali Perguruan Tinggi terkemuka di Jepang menawarkan kuliah ke Negeri Sakura tersebut. Kali ini giliran Prefectural University of Hiroshima (PUH) yang membuka kesempatan belajar bagi warga Kaltim.

Terhadap peluang itu, Gubernur H Awang Faroek Ishak menyambut baik dan menyatakan Pemprov pada dasarnya siap memfasilitasi warga Kaltim  yang ingin bersekolah di negara sakura tersebut. Namun demikian, sebaiknya terlebih dulu kesempatan menuntut ilmu di Negeri Matahari Terbit itu ditawarkan kepada mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi di Benua Etam.

“Peluang ini sebaiknya ditawarkan dulu ke seluruh universitas yang ada di tempat kita dan bisa dibantu melalui program beasiswa (Beasiswa Kaltim Cemerlang) yang sudah berjalan,” katanya saat menerima kunjungan Director of International Office PUH di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Kamis (2/6).

Awang mengakui Pemprov Kaltim sudah  melakukan kerjasama di bidang pendidikan maupun penelitian dengan Jepang. Salah satunya, Pusat Rehabilitasi Hutan (Pusrehut) Universitas Mulawarman di kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto.

Dia mengharapkan peluang bersekolah di Jepang ini banyak diminati masyarakat, mahasiswa maupun pegawai di SKPD lingkungan Pemprov Kaltim.

“Nota kerjasama (MoU) antara Pemprov Kaltim dengan PUH dapat dilakukan setelah kita melihat besarnya keinginan masyarakat untuk bersekolah di universitas terkemuka ini,” jelas Awang Faroek.

Sementara itu Director of International Office PUH Dr Isutomu Morinaga didampingi Direktur Polnes Samarinda Ibayasid menjelaskan pihaknya membuka peluang program master dan doktor bagi masyarakat Kaltim.

Disebutkan PUH akan memberikan jaminan biaya hidup sekitar 30.000 Yen setiap bulan dan asrama bagi mahasiswa Kaltim yang mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi tersebut. Tampak hadir mendampingi Gubernur Kaltim, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan Dr H Sigit Muryono dan pimpinan SKPD terkait. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation