Pemprov Terima Kirab Pemuda Indonesia Di PPU

Peserta Kirab Pemuda Indonesia mengikuti Festival Buen 3. (ist/disporakaltim)

PENAJAM - Pemprov Kaltim menerima peserta Kirab Pemuda Indonesia yang dipusatkan di titik singgah di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara (PPU). Sedikitnya 50 peserta Kirab Pemuda Indonesia diterima Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim HM Sa'bani mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor. Mereka terdiri dari pemuda perwakilan 34 Provinsi serta perwakilan organisasi kepemudaan tingkat pusat.  

"Pemprov Kaltim merasa bangga menerima pemuda dari 34 provinsi dan berharap mereka dapat mengambil sebuah ilmu dan pelajaran yang bermanfaat selama berada di Kaltim," kata M Sa'bani ketika menghadiri pembukaan Kirab Pemuda Indonesia dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, PPU, Minggu (28/10).

Sa'bani mengatakan sejarah akan mencatat para pemuda yang kini melaksanakan kirab pemuda sebagai pemuda-pemuda yang mampu menyatukan perbedaan dalam sebuah kegiatan Kirab Pemuda Indonesia. 

Karena itu, hal ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan dan pengalaman peserta selama mengikuti kegiatan, sehingga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dalam menjelajahi kehidupan ke depan. "Semoga apa yang dilaksanakan para peserta kirab memberikan manfaat bagi masyarakat maupun diri mereka sendiri selama menjalani kegiatan di titik singgah di PPU," jelasnya.

SABANI-KIRAB-PEMUDA-1-2

Pembukaan Kirab Pemuda Indonesia di Kaltim dirangkai dengan Festival Buen 3 yang merupakan sebuah festival dengan penampilan budaya dan kuliner di sepanjang jalan Bangun Mulya. 

Selain Festival Buen 3, Kirab Pemuda Indonesia juga dirangkai dengan Pawai Budaya Kreatif bersama ribuan pelajar, bakti sosial, mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda, pentas seni, kunjungan kebangsaan ke Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di sekitar lokasi homestay.

Pelaksanaan Kirab Pemuda Indonesia dimulai sejak 27-31 Oktober 2018. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Deputi Peningkatan Wawasan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Arifin Majid didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra M Sa'bani. Peserta juga mengikuti Pawai Budaya Kreatif bersama 3.000 pelajar di Kabupaten PPU, diawali dengan bentangan Bendera Merah Putih yang dibawa Pramuka Pengegak Kabupaten PPU sepanjang kurang lebih 100 meter. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation