Pemprov Terima Mahasiswa Baru Program Beasiswa Khusus

SAMARINDA – Pemprov Kaltim sejak awal Mei 2013 siap membuka kembali penerimaan mahasiswa baru untuk program beasiswa khusus Kaltim Cemerlang, yakni Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dengan kuota 50 orang dan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim dengan kuota 50-70 orang.
Selanjutnya, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) bidang Kereta Api kuota 30 orang, Sekolah Tinggi Teknik PLN kuota 20 orang dan mahasiswa penyuluh bidang pertanian, perikanan dan peternakan kuota 420 orang yang terdiri dari masing-masing bidang kuotanya berjumlah 140 dan Politeknik Agro Industri sebanyak 50 orang.
“Semua calon mahasiswa baru tersebut akan dibiayai hingga selesai masa perkuliahannya oleh Pemprov Kaltim melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang kategori khusus. Artinya, mahasiswa tersebut tinggal belajar saja. Karena biayanya sudah ditanggung,” kata Staf Ahli Gubernur bidang Pendidikan, Dr Bohari Yusuf, didampingi Ketua Koordinator Beasiswa Kaltim Cemerlang, Rustandi, di Samarinda, Senin (29/4).
Bohari menjelaskan program tersebut, merupakan upaya Kaltim untuk memenuhi kebutuhan SDM, khususnya bidang teknologi, pertanian, perikanan, peternakan dan seni budaya. Karena, sesuai dengan visi Pemprov Kaltim mewujudkan Kaltim sebagai pusat agroindustri dan energi terkemuka menuju masyarakat adil dan sejahtera.
Selain itu, untuk kuota, khususnya bagi mahasiswa yang mendaftar di STTD bidang Kereta Api diutamakan dari putra-putri asal Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Kutai Barat. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan dari daerah lain juga dapat bersaing untuk diterima. Hal itu dilakukan karena pengembangan pembangunan rel kereta api akan dilakukan dengan melintasi daerah tersebut.
“Sesuai dengan masing-masing jurusan yang dibuka, mahasiswa yang diterima akan mengikuti studi, mulai di Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk ITK. Di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk ISBI Kaltim. Di STTD Kementerian Perhubungan Jakarta untuk yang memilih STTD Bidang Kereta Api,” jelasnya.
Kemudian, agi putra-putri Kaltim yang memilih Teknologi PLN akan mengikuti perkualiahan di STT PLN di Jakarta. Sementara mengenai mahasiswa penyuluh akan menjalani perkuliahan di Unmul Kaltim dan mahasiswa Politeknik Agro Industri akan menjalani pendidikan di Politeknik Agroindustri Sang Hyang Sri di Bandung.
Ditambahkan, pendaftaran dibuka sejak awal hingga akhir Mei 2013. Calon mahasiswa yang mendaftar bisa langsung ke Sekretariat Penerimaan Beasiswa Kaltim Cemerlang di Jalan Jenderal Sudirman Samarinda Nomor 35 dan bisa menghubungi nomor telepon 085250655404 atas nama Rustandi.
Diharapkan seluruh putra-putri asal Kaltim bisa mengetahui informasi tersebut, sehingga bisa mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan yang dimaksud. (jay/hmsprov).

////Foto : Bohari Yusuf
 

Berita Terkait