Pemprov Terus Bina Hubungan Baik dengan Media

Sampaikan Informasi Menyejukkan

 

SAMARINDA – Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim, Dr H Rusmadi MS mengungkapkan Pemprov selalu berkomitmen membangun dan membina hubungan baik dengan seluruh media massa di daerah ini, baik cetak maupun elektronik. Hal ini tidak terlepas dari upaya menyampaikan informasi pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat.

Rusmadi meminta kepada media agar dapat menyampaikan informasi yang baik, dengan menampilkan data-data yang sudah terverifikasi dan jika ada kekurangan data ataupun informasi harus diklarifikasi dengan nara sumber yang kompeten.

“Semua media massa harus bisa menyampaikan informasi yang dapat menyejukkan masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan minat baca sekaligus memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat,” ungkap Rusmadi saat menerima audiensi jajaran Koran Kaltim, di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (1/10).

Di era keterbukaan saat ini, menurut dia, pemerintah wajib menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat baik melalui media milik pemerintah ataupun media cetak dan elektronik nasional dan lokal. Sehingga program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dapat lebih luas diketahui masyarakat.

“Khususnya bagi masyarakat pedesaan ataupun daerah pedalaman dan kawasan perbatasan yang tidak bisa mengakses teknologi informasi. Ini yang harus kita jangkau. Media milik swasta dan pemerintah harus bisa menyebarluaskan informasi pembangunan hingga ke pelosok,” jelasnya.

Terkait saran dan kritik dari masyarakat kepada pemerintah yang disampaikan lewat media, Rusmadi menilai hal itu sangat wajar. Karena media juga berfungsi sebagai kontrol sosial bagi pemerintah. Namun, sebut dia, saran ataupun kritik yang disampaikan hendaknya bersifat konstruktif dan menyertakan solusi, sehingga pemerintah dapat melakukan koreksi dan evaluasi terhadap pembangunan yang dilakukan.

“Tahun lalu (2013) kita meraih penghargaan peringkat pertama untuk kategori keterbukaan informasi publik (KIP) dari Kementerian Kominfo. Ini merupakan bukti Pemprov Kaltim telah mampu melaksanakan transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik. Memang masih ada kekurangan, namun itu juga terus kita benahi,” ucapnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Biro Humas dan Protokol S Adiyat, Kabag Kehumasan Imanudin serta jajaran Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim. Sedangkan  dari jajaran Koran Kaltim, turut hadir General Manager Tetty Lumban Gaol, Kepala Biro Samarinda Desman Minang Endianto dan Pemimpin Redaksi Didik Eri Sukianto. (her/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim, Dr H Rusmadi MS (tiga dari kanan) dan Kepala Biro Humas & Protokol S. Adiyat (kanan) serta Kepala Bagian Kehumasan Imanudin ( kiri) bersama jajaran pimpinan Koran Kaltim.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation