Pemprov Terus Bina Sejumlah Lembaga Pencetak SDM Kaltim

Pemprov Terus Bina Sejumlah Lembaga Pencetak SDM Kaltim

 

SAMARINDA - Asisten Administrasi Umum Pemprov Kaltim Dr Meiliana melakukan kunjungan ke dua satuan pendidikan binaan Pemprov Kaltim. Kunjungan pertama dilakukan ke UPTD SMK Negeri Pelayaran Kaltim dan dilanjutkan ke Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) Unmul Samarinda.

Saat kunjungan  Meiliana meminta agar mahasiswa Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN) Unmul Samarinda meningkatkan kreativitas berfikir dalam proses belajar. Sementara kepada jajaran  UPTD SMK Negeri Pelayaran Kaltim, Meiliana berharap agar mereka terus berupaya meningkatkan akreditasi sekolah tersebut.

“Dua satuan pendidikan ini menjadi bagian pembinaan Pemprov Kaltim. Karena itu kami perlu mengetahui kondisi kampus dan sekolah ini," kata Meiliana usai meninjau  Kampus Program S1 PIN Unmul Samarinda, Jalan Sungai Kelian, Samarinda, Selasa (17/12).

Meiliana menjelaskan, kunjungan kali ini sekaligus dimaksudkan untuk melakukan pembinaan kepada para mahasiswa  dan siswa serta manajemen kampus dan sekolah. Pemprov Kaltim sangat berkepentingan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan sebab Pemprov telah mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit untuk mendukung program pendidikan tersebut.

Meiliana menjelaskan, Pemprov menanggung biaya asrama maupun konsumsi mahasiswa. Sedangkan SPP ditanggung pemerintah kabupaten/kota asal para mahasiswa. "Saya berharap setelah lulus, mereka bisa kembali mengabdi ke kabupaten/kota masing-masing,” jelasnya.

Sementara saat mengunjungi UPTD SMK Negeri Pelayaran, Meiliana mengaku bangga karena sudah memiliki sejumlah sarana dan prasarana pendukung proses belajar dan mengajar. Contoh, ruang praktek perkapalan maupun perpustakaan serta ruang lab komputer.

Tetapi, yang harus diperhatikan SMK Negeri Pelayaran adalah bagaimana menambah tenaga pengajar yang masih kurang, sehingga peningkatan akreditasi dapat terwujud. Karena visi dan misi sekolah tersebut untuk mencetak SDM Pelayaran berkualitas.

“Mereka masih kurang guru ilmu pengetahuan pelayaran. Dengan peningkatan akreditasi, sekolah ini bisa melaksanakan ujian sendiri, terutama ujian keahlian pelaut (UKP) yang biasa dilaksanakan di Surabaya,” jelasnya.

Sementara Kepala UPTD SMK Negeri Pelayaran Priambodo Prakoso menyatakan Dishub Kaltim melalui SMK Negeri Pelayaran terus berupaya meningkatkan akreditasi dimaksud.

“Saat ini proses untuk akreditasi itu masih berjalan. Mudah-mudahan tahun depan terwujud. Apalagi, saat ini kami sedang membangun asrama untuk siswa SMK, diharapkan dengan pembangunan tersebut juga mendukung percepatan memperoleh akreditasi dari Kementerian Perhubungan,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov).   

 

///FOTO : Asisten Administrasi Umum Pemprov Kaltim Dr Meiliana memberi pengarahan kepada sejumlah mahasiswa S1 PIN.(norjaya/humasprov)

 

Berita Terkait