Pemprov Usulkan Damri, Jadi Angkutan Massal di APT Pranoto

Salman Lumoindong memberi penjelasan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak saat kunjungan ke Bandara APT Pranoto beberapa hari lalu. Diusulkan Bis Damri untuk mengangkut penumpang dari dan menuju Bandara dari Kota Samarinda. (DOK/HUMASPROV)

SAMARINDA - Sebelum diresmikan 24 Mei mendatang, Pemprov Kaltim minta agar pengelola Bandara APT Pranoto menyiapkan angkutan darat bagi para penumpang dari dan menuju bandara. 

Kerja sama misalnya bisa dilakukan dengan PT Damri untuk angkutan masal mengingat kondisi jalur dari Samarinda ke bandara yang masih sempit, sehingga diperlukan angkutan masal. "Dengan begitu, masyarakat tidak mesti harus menggunakan kendaraan pribadi menuju bandara. Termasuk para pengantar dan penjemput. Karena itu, Damri harus masuk ke bandara," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Salman Lumoindong di Samarinda, Jumat (18/5).

Penyiapan armada untuk angkutan masal ini penting agar arus lalu lintas terkendali dengan baik. Sedangkan angkutan umum lainnya yang sudah biasa masuk Bandara Temindung bisa ditingkatkan kualitasnya. Artinya, bandara bagus, kendaraan yang mengangkut penumpang pun  harus bagus.

Selanjutnya pada 2018 pembangunan pelebaran jalan akan dilakukan untuk mendukung akses menuju bandara, baik dari Kota Samarinda maupun Bontang oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional dengan menggunakan dana APBN mencapai Rp200 miliar. "Semoga semua terlaksana dengan baik," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation