Pemuda Bangkitkan Semangat Tanpa Pamrih


SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengharapkan para pemuda sebagai generasi penerus pembangunan membangkitkan semangat bekerja tanpa pamrih.

Harapan itu disampaikan staf ahli Bupati Kutai Kartanegara Wicaksono Soebagio saat mewakili Gubernur Kaltim pada Pelatihan Kesukarelawanan Pemuda di Tenggarong, Selasa (22/3).

Menurut dia, pemuda memiliki sejarah yang sangat gemilang dalam  perjuangan dan  penegakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pemuda adalah tonggak perjuangan bangsa dan sejarah mencatat mereka berjuang merebut dan memperatahankan kemerdekaan dengan mengorbankan jiwa dan raganya,” katanya.

Semangat dan jiwa berjuang tanpa pamrih itu lanjut dia, hendaknya terus dilakukan walaupun sudah merdeka saat sekarang ini.

Apalagi, negara memerlukan orang-orang yang berjiwa besar untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa serta mampu menghindarkan perpecahan yang mengarah pada disintegrasi bangsa.

Selain itu, dengan semangat dan jiwa para pemuda ini diharapkan mampu menjawab dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi saat sekarang ini.

“Semangat dan jiwa sukarela atau tanpa pamrih sudah dimiliki para pemuda sejak masa perjuangan bangsa. Walaupun sudah merdeka namun kebesaran jiwa pemuda sangat diperlukan dalam mendukung pemerintah menyelesaikan berbagai permasalahan,” ungkapnya.

Terpenting tambahnya, berbagai bencana dan permasalahan sosial yang dialami masyarakat saat ini hendaknya menjadi pemicu semangat pemuda untuk meningkatkan kepedulian dan kesukarelawannya.

Pelatihan yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim itu diikuti 60 pemuda dari kabupaten dan kota se-Kaltim dan digelar tiga hari sejak 22-24 Maret.(yans/hmsprov)

Berita Terkait