Pemuda Berperan Sukseskan Pembangunan

Pemuda Berperan Sukseskan Pembangunan

 

SAMARINDA – Terhitung 90 pemuda dari berbagai unsur pimpinan organisasi kepemudaan di 10 kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti pelatihan pengembangan kepemimpinan pemuda sebagai upaya meningkatkan peran pemuda dalam menyukseskan program prioritas pembangunan.

Pelatihan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga itu dilaksanakan tiga hari,  sejak 27-29 Juni guna pengembangan potensi keteladanan, keberpengaruhan serta penggerakan pemuda di Kaltim.

Menurut Kepala Dispora Kaltim Dr H Sigit Muryono, program prioritas dimaksud adalah pembangunan sumberdaya manusia atau bagaimana para pemuda mampu membangun semangat dan kegiatan berwirausaha.

Selain itu terdapat program pendukung utama yaitu menyiapkan kader-kader  yang tidak hanya menjadi wirausaha mandiri. “Tetapi menyiapkan pemimpin baik di legislatif maupun eksekutif,” jelas Sigit Muryono usai membuka pelatihan di Samarinda, Jumat (27/6).

Sigit menyebutkan pelatihan pengembangan kepemimpinan pemuda rutin dilaksanakan setiap tahun di daerah,  Kaltim selalu mengikutkan para pemuda untuk tingkat nasional. Pada 2014 ini dua orang dari BEM Universitas Mulawarman dan STAIN Samarinda.

Berikutnya dari 90 peserta pelatihan,   akan terpilih empat orang sesuai hasil penilaian (peringkat) tertinggi oleh narasumber kemudian mewakili Kaltim pada pelatihan tingkat nasional yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 2015.

Sesuai keinginan Gubernur Awang Faroek Ishak agar pemuda menjadi pemegang estafet pembangunan Kaltim Maju 2018. “Pelatihan ini merupakan upaya bersama membentuk karakter pemuda agar mandiri, bertanggungjawab dan andal,” ungkap Sigit.

Ditambahkan, pemuda yang telah mengikuti pelatihan pengembangan kepemimpinan pemuda selain berguna untuk membentuk pengembangan diri. Diharapkan, menjadi pelatih dan mampu memberikan pelatihan bagi para pemuda di daerah masing-masing.

Sementara itu Kepala Bidang Kepemudaan H Syahril mengemukakan pelatihan bertujuan menciptakan pemuda yang memiliki kemampuan yang berkulaitas menjadi pemimpin dalam memenuhi kualifikasi berdasarkan standar organisasi kepemudaan.

Pelatihan kepemimpinan pemuda tingkat dasar itu diisi dengan berbagai materi, yakni pengetahuan umum berupa Pancasila, UUD 1945 dan sejarah pergerakan pemuda serta pengantar sistem ketatanegaraan dan pengantar moral/etika kepemimpinan.(yans/sul/es/hmsprov)

///FOTO :  Kepala Dispora Sigit Muryono (empat kiribelakang) bersama peserta Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kaltim.(masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait