Pemuda Dianjurkan Menggeluti Dunia Usaha

SAMARINDA – Pilihan yang terbaik bagi pemuda sebagai generasi penerus agar mampu mengembangkan diri dan lebih maju adalah dengan menggeluti  dunia usaha atau wiraswasta. Sehingga perlu perubahan paradigma dan pola pikir  yang selama ini berkembang, yakni selalu berharap menjadi PNS.
“Peluang usaha bagi pemuda sangat terbuka luas. Namun terpenting adanya motivasi dan dukungan semua pihak untuk kegaitan kewirausahaan itu, sehingga pemuda tidak perlu lagi berpikir harus menjadi PNS,” kata Kepala Dispora Kaltim H Sigit Muryono pada pelatihan Kecakapan Hidup dan Sosialisasi Undang-Undang Kewirausahaan di Samarinda, Selasa (2/7).
Menurut dia, Dispora yang memiliki kewenangan dalam pembinaan bagi pemuda maka instansi ini berupaya memberikan AMT (Achievement Motivation Training atau program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal keterampilan dan kewirausahaan).
Diakui, pendidikan tingkat atas masih belum mampu sepenuhnya mempersiapkan para pemuda atau lulusan pendidikan sebagai tenaga terampil (life skill). Karenanya, jiwa kewirausahaan dan terampil perlu diberikan sebagai bekal untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja.
“Karenanya, semangat dan jiwa wirausaha serta keterampilan wajib dimiliki para pemuda sesuai dengan bidang usaha yang diminati. Namun, perlu dukungan semua pihak dan instansi terkait guna keberlanjutan kegiatan  kewirausahaan yang akan digeluti para pemuda itu,” harap Sigit Muryono.
Sementara itu Kasi Kelembagaan dan Kewirausahaan Hj Sri Ratna Ningtyas  mengemukakan pelatihan bertujuan untuk memberikan keterampilan dan motivasi kepada pemuda dalam menghadapi masalah pengangguran dan terbatasnya lapangan kerja.
“Pelatihan ini untuk meningkatkan dalam berusaha menuju terwujudnya wirausaha muda dan mandiri, sehingga merubah pola pikir pemuda dengan memanfaatkan kesempatan kerja formal,” ujar Sri.
Pelatihan Kecakapan Hidup dan Sosialisasi Undang-Undang Kewirausahaan diikuti 150 peserta dari kabupaten/kota se-Kaltim dengan menghadirkan pembicara, yakni Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora Ponijan dan Ketua Hipmi Yogyakarta Andang Kirana.(yans/hmsprov).

/// Foto: Peserta pelatihan kewirausahaan Dispora Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation