Pemuda Harus Kuasai Empat Aspek

Pemuda Harus Kuasai Empat Aspek

 

SAMARINDA - Setiap pemuda harus menguasai empat aspek agar memiliki daya saing tinggi dan mampu menjadi pemimpin daerah masa depan. Empat aspek itu adalah keunggulan moral, visioner, kompetensi dan inspirasi.

Empat aspek yang diinginkan bangsa dimaksud adalah pertama memiliki keunggulan moral atau kejujuran. Kejujuran merupakan nilai hidup yang kaitannya dengan harga diri. Artinya, kejujuran sangat erat dengan orang-orang yang terhormat. Apabila seorang pemuda atau pemimpin tidak memiliki sifat jujur,  maka pemuda tersebut tidak memiliki karakter.      Kedua, visioner atau mimpi. Artinya, pemuda harus memiliki cita-cita yang besar. Jadi, apabila pemuda yang tidak memiliki mimpi, maka bukan disebut pemuda. Pemuda yang diharapkan bangsa ini adalah pemuda yang berpikir ke depan dan mampu melakukan perubahan.

Ketiga adalah kompetensi atau pengetahuan. Tidak mungkin seorang pemuda yang memiliki mimpi besar tetapi tidak memiliki kemampuan pengetahuan. Apalagi, informasi teknologi saat ini semakin canggih, sehingga setiap pemuda harus memiliki kemampuan intelektual yang tinggi agar mampu membangun negara atau daerah dengan baik. Karena itu, namanya belajar atau menuntut ilmu harus dikejar setinggi-tingginya.

Terakhir adalah pemuda yang memiliki inspirasi. Memang tidak mudah untuk memberikan inspirasi kepada pemuda yang lain agar memiliki kepribadian yang baik. Tetapi, dengan memiliki inspirasi pemuda diharapkan mampu mengubah cara pandang masyarakat agar berbuat hal yang baik bagi negeri ini.    

“Saya senang hadir dalam pembukaan pelatihan kepemimpinan pemuda tingkat madya dan dasar serta pelatihan training of trainer (TOT) kepemudaan Kaltim tahun ini. Jadi, ada empat aspek yang perlu dimiliki pemuda untuk membangun negara maupun daerah ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Rusmadi ketika membuka pelatihan kepemimpinan pemuda tingkat madya dan dasar serta pelatihan training of training (TOT) kepemudaan Kaltim 2015 di Samarinda, Kamis (15/10).

Menurut dia, empat aspek ini adalah berdasarkan riset yang dilakukan berbagai negara besar di dunia. Umumnya, pemuda yang baik itu memiliki empat aspek tersebut. Karena itu, pemprov menilai peran pemuda di Kaltim saat ini sangat besar dalam pembangunan daerah ke depan.

“Posisi pemuda sangat strategis. Karena dengan usia yang muda, selain memiliki semangat yang tinggi dan kreatifitas yang tinggi, pemuda umumnya juga punya cita-cita yang besar. Karena itu, potensi yang besar ini harus diarahkan. Dengan adanya pelatihan ini, sangat tepat dilaksanakan, dengan tujuan membangun karakter pemuda,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyiapkan kader-kader muda untuk memimpin daerah masa depan. “Kami menilai, apa yang dilakukan saat ini juga berkaitan dengan program Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan revolusi mental. Jadi, ada empat hal yang diharapkan setelah kegiatan ini, yakni pemuda yang memiliki moral atau jujur, visioner, kompetensi dan inspirasi,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov) 

Berita Terkait
Pilgub Disosialisasikan di Kaltara
Pilgub Disosialisasikan di Kaltara

30 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Pemerintahan

BERITA FOTO :
BERITA FOTO :

30 September 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan