Pemuda Harus Mandiri dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Kaltim

SAMARINDA - Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim H Bere Ali, mengatakan pemuda di Kaltim harus mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat, sebagai bagian dari pengabdian kepada daerah, bangsa dan negara.
"Pemuda merupakan penerus perjuangan bangsa. Bahkan jika perlu pemuda dapat menjadi pelurus perjuangan bangsa, sehingga kemadirian dalam segala hal sangat diperlukan bagi kemajuan di negeri ini," kata kata Bere Ali usai membuka Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Pemuda, kewirausahaan Pemuda dan Penguatan Kapasitas Tenaga PSP3 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim di Samarinda, Selasa (26/11).
Pemuda yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat adalah yang memiliki kreativitas dan berjiwa wirausaha. Sehingga menjadi pemuda tangguh dalam menghadapi brbagai tantangan di era globalisasi saat ini.
Karena itu perlu pembinaan dan pelatihan yang dilakukan pemerintah di daerah. Misalnya, pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan penguatan kapasitas tenaga Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3), sehingga Kaltim dapat memiliki pemuda yang tangguh dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri serta masyarakat.
 Menurut dia, perjuangan yang dilakukan pemuda sangat penting. Karena pemuda  juga berperan dalam menyukseskan pembangunan di daerah. Misalnya dengan memberikan pemikiran-pemikiran yang cerdas terhadap program yang dilaksanakan pemerintah.
Melalui pelatihan ini, diharapkan daerah dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas dan andal untuk mendukung program pembangunan. Termasuk dapat menyelesaikan berbagai masalah kepemudaan masa kini, antara lain  masih banyak pemuda yang menganggur.(jay/hmsprov)


 

Berita Terkait
Government Public Relation