Pemuda Kaltim Cinta NKRI

Hadi Mulyadi membuka Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah Kaltim 2019 di Bumi Perkemahan Benua Taka Babulu (seno/humasprovkaltim)

BABULU - Dari Bumi Perkemahan Benua Taka, Babulu, Penajam Paser Utara (PPU), Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi mengingatkan generasi muda untuk dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Di depan 664 peserta Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah Kaltim 2019, Hadi menyebut komitmen tinggi para pemuda Indonesia pada tahun 1928 untuk menyatukan Indonesia dengan "Sumpah Pemuda" patut diteladani.

"Generasi muda Kaltim harus menyadari bahwa kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini sangat mahal harganya. Penuh perjuangan dan berlumur pengorbanan. Karena itu mari jaga NKRI ini dengan persatuan kita," pesan Hadi Mulyadi saat membuka Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah Kaltim 2019 di Bumi Perkemahan Benua Taka Babulu, PPU, Senin (4/11/2019).

Dia lalu mencontohkan beberapa negara besar di dunia yang tercerai-berai karena tidak mampu merawat persatuan dan kesatuan bangsanya.

Indonesia pantas bersyukur  menurut Hadi, karena persatuan bisa tetap kokoh terjaga dalam rangkaian 17 ribu pulau, 34 provinsi, 500 hingga 700 suku,  5 agama dan 1 kepercayaan. Karena itu, kata Hadi persatuan dan kesatuan bangsa ini harus terus dijaga dan dipelihara.

"Gerakan Pramuka hari ini juga harus memastikan bahwa generasi muda tidak ingin Indonesia hancur tercerai-berai. Generasi muda ingin Indonesia tetap bersatu. Pemuda Kaltim akan menjaga Indonesia hingga titik darah penghabisan," tegas Hadi disambut tepuk tangan peserta perkemahan dari 9 kabupaten dan kota se-Kaltim itu.

Wagub kemudian menutup arahannya dengan satu pantun. "Air dingin pelepas dahaga, minum kelapa enak rasanya. Kami bangga dengan seluruh Pramuka, selalu bekerja untuk kepentingan bangsa," puji Hadi.

Sebelumnya Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal mengungkap perkemahan akan berlangsung selama 5 hari (4-8 November) diikuti 9 kwartir cabang se-Kaltim.

Pembukaan perkemahan dirangkai dengan Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zainal menyematkan Tanda Penghargaan Panca Warsa kepada Wakil Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kaltim yang juga Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. 

Perkemahan dihadiri Wakil Bupati PPU Hamdam dan segenap unsur Forkompinda PPU. Acara kemudian ditutup dengan berbagai penampilan tari tradisional dan tari kreasi modern melibatkan seluruh anggota Pramuka peserta perkemahan. Wagub Hadi Mulyadi pun turun ke lapangan ikut menari bersama.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation