Pemuda Punya Tanggung Jawab Pelihara Kamtibmas

SAMARINDA -  Pemuda tidak saja sebagai generasi penerus pembangunan bangsa. Tetapi, sangat berperan dan bertanggungjawab untuk ikut memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, pemuda selaku generasi penerus harus mampu membangun serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan kehidupan berbangsa.

“Kita prihatin dengan konflik di beberapa daerah yang melibatkan para pemuda. Kondisi itu jangan sampai terjadi di Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak, baru-baru ini.

Selayaknya lanjut Awang, para pemuda harus saling bersatu padu dan menguatkan tekad untuk memelihara keamanan dan kesatuan bangsa di era rasa nasionalisme sedang diuji saat ini.

Terpenting lagi tegasnya, para pemuda jangan mudah terpengaruh oleh hasutan atau terprovokasi atas isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, peranan pemuda dalam mengisi kemerdekaan ini sangat besar baik melibatkan diri langsung maupun  menjadi penggerak dan pelopor dalam pembangunan.

Pembangunan ini ujar gubernur, tidak akan sukses dan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan serta keterlibatan pemuda. Hal itu wajib sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai generasi penerus.

Apalagi sebut Awang, banyak pemuda di daerah yang telah menggabungkan dirinya dalam berbagai organisasi kepemudaan. Diharapkan organisasi kepemudaan itu tidak semata nama saja tetapi mampu memberikan makna dan manfaat bagi kemajuan masyarakat.

“Pembangunan tidak akan berjalan baik kalau kamtibmas tidak terpelihara. Pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan harus ikut membantu menyukseskan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” ungkap Awang Faroek Ishak. (yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait