Pemuda Sebagai Pelopor Kerukunan Umat Beragama

Dialog Pemuda Lintas Agama

SAMARINDA – Pemuda merupakan generasi penerus yang selalu diidentikan dengan semangat perubahan dan kemajuan. Termasuk sebagai pelopor kerukunan umat beragama, sehingga  mampu menjalin kehidupan yang harmonis dan lebih baik.

“Pemuda dengan semangat menggelora harus menjalin komunikasi yang santun dan membangun hubungan harmonis antar umat beragama di Kaltim,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim H Saifi usai membuka Dialog Pemuda Lintas Agama se-Kaltim dan Kaltara di Samarinda, Senin (13/5).

  Selain itu, pemuda sebagai generasi harapan harus siap menggantikan generasi tua, agar keamanan dan kedamaian serta kerukunan kehidupan umat beragama di Kaltim tetap terjaga dan terpelihara.

Selama ini Kaltim termasuk Kaltara,  baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota telah terbentuk organisasi kemasyarakatan bidang keagamaan yakni Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Melalui organisasi kemasyarakatan ini diharapkan para pemuda dari  seluruh agama yang ada dan diakui di Kaltim baik Islam, Budha, Hindu, Kristen dan Katolik serta Khonghucu harus berperan aktif secara maksimal dalam menjalin hubungan harmonis.

“Pemuda dapat membangun kebersamaan dan menghindarkan perbedaan, terutama yang mengarah pada pertikaian dan konflik antar umat beragama. Sehingga, kehidupan lebih rukun dan damai baik dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari maupun beribadah,” ungkap Saifi.

Sementara itu Ketua Panitia Dialog Pemuda Lintas Agama Mohlis mengemukakan dialog yang digelar kali ini sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan yang lebih harmonis para pemuda antar umat beragama di Kaltim dan Kaltara.

“Kehidupan umat beragama di daerah ini harus terus lebih baik dan berkualitas dengan keterlibatan pemuda antar umat beragama, sehingga keamanan dan kedamaian sertra kerukunan antara dan sesama umat beragama tetap terpelihara,” ujar Mohlis.

Dialog Pemuda Lintas Agama diikuti 74 pemuda dari enam agama di 14 kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara dilaksanakan tiga hari,  sejak 12-14 Mei dengan narasumber dari FKUB Kaltim, Korem 091 Aji Surya Natakesuma dan Polres Samarinda serta Kantor Kementerian Agama Kaltim.(yans/es/sul/hmsprov).

////FOTO : Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Saifi menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan pemuda peserta dialog.(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation