Penanganan Pasien Kelainan Jiwa Harus Dilandasi Rasa Tulus dan Ikhlas

 

SAMARINDA – Dokter dan perawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada semua pasien yang berkunjung meskipun dalam menangani penderita penyakit kelainan jiwa sangat memerlukan keuletan dan kesabaran.

Direktur RSJD AHM Fadhilla Munte mengatakan bahwa penyakit dengan gangguan kejiwaan tidak sama cara perawatannya dengan penyakit umum lainnya. Sehingga, dalam perawatan dan pelayanannya sudah semestinya harus dilandasi dengan rasa tulus dan ikhlas demi kesembuhan pasien yang membutuhkan tahapan dan juga kesabaran tinggi dari para dokter dan perawat.

“Dalam menangani masalah kejiwaan, cara penanganannya berbeda dengan penyakit umum lainnya karena penyakit kejiwaan sendiri membutuhkan keahlian dan kesabaran ekstra. Kami selalu mengimbau kepada dokter dan juga perawat agar terus memiliki rasa tulus dan ikhlas dalam menghadapi pasien agar pasien bisa lebih cepat kembali normal dan sehat dari segi fisik dan mental,” katanya.

Selain menangani pasien dengan penyakit kejiwaan, pelayanan terbaik juga tetap diberikan kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan pengobatan.

"Kami tidak hanya melayani pasien kejiwaan. Tapi, juga ada pelayanan lainnya, termasuk untuk berkonsultasi," katanya.

Adapun jenis pelayanan yang dimiliki saat ini diantaranya pelayanan rawat jalan psikiatri, pelayanan rawat inap psikiatri, pelayanan gawat darurat psikiatri, pelayanan rawat jalan dan rawat inap psikologi. Selain itu, ada juga jenis pelayanan yang diunggulkan saat ini, ialah pelayanan model praktik keperawatan profesional, pelayanan rehabilitasi penyalahgunaan dan ketergantungan narkoba, klinik tumbuh kembang, terapi gangguan tidur, klinik berhenti merokok dan klinik hipnoterapi.

“Kita berharap, dengan sejumlah pelayanan yang maksimal akan berguna untuk proses penyembuhan pasien dan kembali ke masyarakat,” katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait