Pencanangan Sinergitas dan Aksi 5 Pilar Keselamatan Jalan, Sa'bani Meminta Berkendaraan Jangan Semau Hati

Pencanangan Sinergitas dan Aksi 5 Pilar Keselamatan Jalan (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Banyaknya kejadian kecelakaan berlalulintas tidak terlepas dari kepatuhan dan kesadaran seseorang dalam berkendaraan. Bahkan ujar Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim HM Sa'bani, tidak sedikit orang-orang berkendaraan sesuka atau semau hati tanpa mau mempedulikan keselamatan dirinya termasuk jiwa orang lain.

Hal itu diungkapkan Sa'bani saat menghadiri sekaligus melakukan pencanangan Sinergitas dan Aksi 5 Pilar Keselamatan Jalan Menuju Zerro Accident di Provinsi Kaltim. Kegiatan satu hari ini dihadiri Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Eddy Junaidi digelar di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (27/6/2019).

Plt Sekprov Sa'bani sangat berharap setiap orang memiliki prilaku dan kesadaran yang tinggi tentang keselamatan dalam berkendaraan atau berlalulintas di jalan. "Jangan berkendaraan itu semau hati. Banyak dari kita ini berlalulintas sesuka hati tanpa mau memperhatikan rambu-rambu lalulintas dan tidak mematuhi ketertiban umum di jalan. Akibatnya fatal, ya mencelakai dirinya bahkan orang lain," katanya.

Karenanya, lanjut Sa"bani, perlu adanya penanaman budaya dan pendidikan lalulintas sejak dini yang berkesinambungan agar mampu menekan terjadinya kecelakaan. "Berlalulintas yang baik adalah cerminan prilaku dan citra suatu daerah. Makin tertib lalulintas masyarakatnya, semakin rendah tingkat kecelakaan," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong menyebutkan angka kecelakaan berlalulintas jalan dalam tiga tahun terakhir mencapai 2.128 peristiwa. Namun H-7 dan H+7 lebaran tehun ini terjadi penurunan yang signifikan. "Tahun lalu menjelang dan pasca lebaran terjadi 24 kecelakaan. Tapi tahun ini turun hanya 9 kejadian dengan korban 7 orang dan santunan Rp300 juta," jelas Salman.

Pencanangan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan sinergitas oleh masing-masing instansi terkait provinsi, kabupaten dan kota disaksikan Plt Sekprov dan Dirlantas Polda Kaltim. Diakhiri penyerahan Pergub 37/2019 dan pembacaan ikrar bersama.

Hadir inisiator sinergitas dan lima pilar keselamatan jalan Kombes Pol Subandria  serta pimpinan instansi kabupaten dan kota terkait (Kadiskes, Kasat Lantas, Kadishub, Kadis PU dan Bappeda), komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), GSX Club Indonesia, CBR Club, BMKC dan Satria Lovers.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation