Pencegahan HIV AIDS Jadi Tanggungjawab Keluarga

Peringatan Hari AIDS se Dunia di Kaltim

SAMARINDA-Pencegahaan dan penanggulangan penularan virus HIV AIDS diharapkan  menjadi tanggungjawab pihak keluarga, selain pemerintah. Sebab keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda, termasuk memberikan pemahaman agama yang kuat. Diharapkan dengan pemahaman yang itu, generasi muda akan menjauhi HIV/AIDS.   

“Jadi, bukan hanya pemerintah yang bertanggungjawab terhadap pencegahan HIV AIDS, peran keluarga juga sangat penting. Orang tua harus memberikan pemahaman keagamaan yang kuat sehingga generasi muda tidak melaksanaan hal yang dilarang agama. Contohnya penyalahgunaan narkotika yang merupakan salah satu penyebab tertularnya virus HIV/AIDS,” kata Pelaksana tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi usai memimpin upacara Hari AIDS se-Dunia di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (10/12).

Diharapkan generasi muda lebih memilih kegiatan yang sifatnya produktif, terutama dalam pembekalan keimanan dan ketaqwaan, selain kegiatan seni dan budaya untuk menumbuhkan karakter diri.

Selain itu, lanjut dia, peringatan Hari AIDS se-Dunia hendaknya dapat menjadi motivasi untuk kembali meningkatkan tekad dan semangat dalam rangka menanggulangi penularan HIV/AIDS, lebih khusus mengenai penanggulangan HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan).

Karena itu, perlu dorongan pemerintah untuk melakukan advokasi terhadap diversifikasi hukuman bagi para penyalahgunaan narkotika sebagai sarana mengurangi overcrowded di Lapas/Rutan.

Kemudian pemerintah terus berupaya mendukung alokasi dana yang memadai guna mewujudkan program pengendalian virus tersebut secara komprehensif. Menyediakan program dan layanan deteksi dini HIV/AIDS, pemeriksaan dan pengobatan serta perawatan dukungan terhadap warga binaan pemasyarakatan serta pelatihan dan penyegaran bagi petugas pemasyarakatan agar memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam menjalankan program penanggulangan HIV AIDS.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum bagi semua guna meningkatkan kembali kewaspadaan dan kepedulian dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi secara aktif dengan mengambil bagian sesuai dengan tugas, fungsi dan perannya di tengah masyarakat,” jelasnya.

Peringatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan dari Gubernur Kaltim kepada Lapas Samarinda, Rutan Balikpapan dan Lapas Narkotika Samarinda yang diserahkan Plt Sekprov Kaltim Rusmadi. (jay/sul/es/hmsprov)

////Foto : Plt Sekprov Kaltim Rusmadi menyerahkan penghargaan kepada Lapas dan Rutan yang telah melakukan kinerja dengan baik dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di halaman Kantor Gubernur Kaltim. (fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation