Pencemaran Sampah Isu Strategis di Kaltim

Meiliana saat bicara sampah di Balikpapan. (arifmurtadha/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Pencemaran sampah menjadi isu strategis di Kaltim lima tahun mendatang. Karena sampah diyakini adalah penyebab menurunnya kualitas lingkungan hidup. Optimalisasi penanganan sampah sangat diperlukan dan menjadi isu strategis kota-kota besar di Kaltim.

"Permasalahan ini menjadi bagian penting yang harus dipikirkan bersama dalam perencanaan pembangunan jangka menengah daerah," kata Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana ketika membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemantapan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) se-Kaltim 2019 di Balikpapan, Minggu malam (17/2/2019).

Mendukung pelaksanaan itu, maka diperlukan program bagaimana pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang tidak merusak lingkungan. Artinya, daerah ini harus mampu memanfaatkan potensi SDA dengan baik.

Menjawab tantangan tersebut, maka diperlukan juga percepatan pengelolaan sampah yang baik di setiap daerah.

"Kita harapkan, masalah ini dipikirkan bersama, tidak hanya pemerintah daerah, tetapi semua pihak, termasuk para pengembang, masyarakat juga, sehingga penataan kota yang ramah lingkungan dapat terwujud. Salah satunya dengan pengelolaan sampah yang baik," jelasnya. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation