Pencetakan KTP Elektronik Berlanjut

Kaltim Sudah Mencapai 85 Persen

SAMARINDA - Sesuai amanat  Undang-Undang (UU) 24/2013 tentang perubahan atas UU 23/2006 tentang administrasi kependudukan. Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elelektronik (KTP-El) pada 2015 terus dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Kaltim yang hingga kini sudah mencapai   85,38 persen dari total penduduk yang layak mendapat KTP.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Kaltim Hj Ismiati mengatakan,  guna  menyukseskan program tersebut,  Pemprov Kaltim melalui Biro Pemerintah Setprov Kaltim terus melakukan koordinasi   dengan pemerintah kabupaten/kota, terkait dengan kewajiban pemerintah daerah untuk  mencetak KTP Elektronik.

"Kita bersyukur,  berdasarkan data yang diperoleh dari kabupaten/kota  pertanggal 1 Agustus 2015, prosentasenya sudah mencapai 85,38 persen dari totak penduduk yang wajib memiliki KTP," kata Ismiati.

Sementera untuk  menyelesaikan sisanya yang kurang dari 15 persen, akan  terus dilakukan. "Pada prinsipnya semua kabupaten/kota sudah menjalankan dengan baik program nasional tersebut, karena  KTP-El sangat diperlukan,"ujarnya.

Terkait dengan kendala di lapangan, Ismiati mengatakan ada pada pendistribusian yang sudah dicetak, karena pencetakannya kewenangan pusat, begitu juga kendala lainnya. Harapannya dengan bantuan tinta (toner) printer dan printer semua kabupaten/kota bisa melakukan pelayanan perekam KTP El dengan lancar.

Pemprov sangat komit dan mendukung sukses pelaksanaan pencetakan KTP-El, dengan memberikan bantuan yang memang diperlukan dalam pencetakan KTP El. Selain Pemprov Kaltim juga telah melakukan bimbingan teknis terhadap sejumlah petugas di kabupaten/kota.

Berdasarkan data dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemedagri, Wajib KTP Elektronik pada kabupaten/kota di Kaltim mencapai 2.197,959.  Sementera perekaman sampai 7 Agustus 2015 mencapai 1.916,099, kemudian yang tercetak sudah 1,876,561, yang belum tercetak 39,538.mar/es/adv).

/////Foto: Warga Kaltim mendapat pelayanan perekaman KTP elektronik (doc. Humasprov kaltim).

 

Berita Terkait