Pendidikan Kreatifitas Juga Penting

Pendidikan Kreatifitas Juga Penting

 

SAMARINDA-Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan, pendidikan kreatifitas siswa di sekolah juga harus diutamakan melalui aktifitas kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Hal itu penting untuk pembinaan dan meningkatkan keterampilan siswa, sehingga siswa tidak semata-mata terfokus pada pendidikan pengetahuan akademik.

“Jadi, dalam sekolah harus ada sisi akademik dan non akademik. Siswa juga harus memiliki kreatifitas pada kegiatan ekstrakurikuler. Namun itu akan efektif jika keterlibatan siswa dilakukan secara maksimal,” kata Musyahrim usai membuka Pelatihan OSIS, LDK dan motivasi spiritual siswa SMP se-Kaltim di Samarinda, Selasa (22/7).

OSIS diharapkan dapat menjadi media untuk membina  para siswa, karena itu, masing-masing anggota OSIS SMP diundang untuk mengikuti pelatihan OSIS, LDK dan motivasi spiritual siswa SMP, sehingga para siswa bisa  mendapatkan pengetahuan bagaimana cara memimpin organisasi secara benar.

Dengan demikian, para pelajar bukan hanya bisa mengejar kemampuan akademik, tetapi sikap, prilaku dan moral dapat lebih baik. “Ini bisa terwujud apabila pengurus OSIS berperan aktif.  Ssehingga selain sukses mengikuti pendidikan akademik, siswa juga diharapkan mampu melaksanakan kegiatan non akademik secara terprogram,” jelasnya.

Melalui pelatihan OSIS, diharapkan para pelajar dapat terhindar dari prilaku-prilaku negatif. Karena sejak usia dini sudah memiliki pondasi yang kuat, sehingga bisa memilih mana hal-hal yang  baik dan mana yang buruk. (jay/sul/hmsprov)

Foto : Musyahrim

Berita Terkait
Government Public Relation